Monday, September 10, 2012

Testimonial - Andhika (Bagian Pertama)


"Trooper Pilihan Saya"

Sebuah testimonial dari seorang Andhika A. Pradana

Saya mengenal Chevrolet Trooper sejak tahun 1990, ketika bapak saya membeli sebuah LWB 3 pintu tahun 1985. Sejak itu Trooper menjadi bagian dari perjalanan hidup saya, mulai dari LWB 5 pintu '90 (BlueWek) sampai dengan Shorty '85 (Emon) yang saya jual beberapa bulan lalu. Perkenalan dengan Komunitas Trooper Indonesia (KTI) pada 2002 memberikan kesempatan buat saya untuk merasakan hampir semua varian Trooper yang ada di Indonesia. Mungkin masih banyak teman-teman yang lebih kompeten untuk membuat artikel ini. Teman-teman dari GarMak yang tahu persis kendaraan ini (bisa jadi malah mengalami test drive nya), penggemar Trooper yang mengoleksi Trooper dari awal keluarnya sampai sekarang, atau pengamat otomotif yang tahu sejarah kendaraan ini harusnya punya penilaian yang berbeda dan lebih akurat untuk menentukan Chevrolet Trooper terbaik yang pernah beredar di Indonesia. Tapi pengen banget rasanya saya memulai topik seperti ini, barangkali bisa jadi diskusi yang menarik di milis ini. Hehee... Kalau ada kata-kata yang nggak cocok mohon dimaafkan ya, soalnya saya nggak ikut pelatihan jurnalistik otomotif tadi sore. Sengaja di judul tulisan saya tuliskan (Chevrolet) karena memang yang akan dibahas disini adalah varian Trooper yang dipasarkan di Indonesia dibawah brand Chevrolet.

Sekedar review singkat, Chevrolet Trooper diperkenalkan di Indonesia mulai pada tahun 1984 dengan type 3 pintu long maupun short bermesin diesel Isuzu C223 2.238cc. Varian tersebut kemudian berevolusi menjadi 5 pintu LWB pada tahun 1988 dengan masih mengandalkan mesin diesel non-turbo C22 yang memang terkenal bandel.




Pada tahun 1991 akhir, masih dengan varian LWB 5 pintu, mesin diesel itu kemudian diganti dengan varian bermesin bensin Isuzu 4ZD1 2.248cc yang lebih bertenaga. Varian bermesin bensin ini kemudian menjadi penutup beredarnya Trooper di Indonesia pada tahun 1996, dengan optional varian HighRoof. Nah, varian Trooper mana yang terbaik menurut saya… Ehm.. Sebenernya yang paling ideal buat saya adalah Isuzu Bighorn HighRoof versi Jepang dengan trim Lotus Special Edition bermesin diesel 4JB1T dengan gearbox matic. Tapi itu kan nggak secara resmi masuk Indonesia.

Kembali ke topik Chevrolet Trooper, supaya saya bisa menentukan mana Trooper terbaik dari rentang waktu keberadaannya di Indonesia, saya akan mengelompokkannya dalam 3 varian : 3 pintu (1984-1987), 5 pintu diesel (1988-1991) dan 5 pintu bensin (1992-1996). Inilah sebabnya kenapa tulisan saya akan dibuat Trilogi, mengikuti pembagian tadi supaya nggak terlalu panjang juga. Hehee.. Yang jadi dasar pemilihan saya adalah dari segi kenyamanan untuk penggunaan sehari-hari dan offroad ringan (bagaimanapun Trooper adalah kendaraan 4WD kan). Bagi teman-teman penyuka OffRoad kelas berat mungkin punya pertimbangan lain lagi yang pastinya berbeda dengan saya. Dan bukan berarti varian yang tidak saya pilih menjadi buruk, toh pertimbangan saya sangat subjektif, mengedepankan selera dan tidak mungkin mengakomodir semua pertimbangan.

3 pintu 1984-1987
Untuk Trooper di rentang tahun ini, pilihan saya adalah LongWheelBase tahun 1986-1987. Kenapa ada tahun tertentu yang saya pilih? Nah, alasannya adalah :
  1. Tahun ’86-’87 merupakan varian peralihan dengan edisi 5 pintu. Ada kemungkinan sudah memakai sasis 5 pintu single wishbone untuk pasar Jepang dan internasional tahun ’85-’86. Dari pengalaman, suspensi pada edisi tahun ini lebih nyaman dibandingkan tahun sebelumnya
  2. Dengan alasan yang sama, karena di luar negeri Trooper pada rentang tahun ini sudah memakai mesin C223T dan 4ZD1, beberapa mounting dan bracket di sasis mungkin sudah memudahkan pemasangan C223T atau 4ZD1, walaupun nggak terlalu banyak pengaruh juga sih. Ada sumber yang menyebutkan kalau crossmember transmisi di tahun ini sudah system lepas yang memungkinkan untuk pemasangan transmisi MSG 5 speed.
  3. Tahun 1986-1987 memiliki kelengkapan opsi yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Mulai dari rumah tape, panel AC komplit (panel dan tombolnya saja, bukan fungsinya), wiper dan washer kaca pintu belakang, defogger kaca belakang, kotak sekering yang komplit (seperti 5 pintu) dan beberapa panel plastik menggantikan panel besi chrome (contohnya list karpet dekat pintu depan) dsb
  4. Sistem peredam suara (yang menurut saya) lebih baik, mulai dari firewall sampai ke lantai dan karpetnya.
  5. Kenapa Long Wheel Base dan bukan Short Wheel Base? Ini karena Wheelbase panjang memberikan kenyamanan dan kestabilan yang lebih baik dibandingkan varian short. Daya angkut pun lebih baik sehingga untuk keperluan perjalanan jarak jauh juga lebih nyaman.
  6. Bumper depan-belakang yang sudah seperti varian 5 pintu, rasanya lebih sophisticated.
  7. Bagi teman-teman penyuka varian luar negeri dengan spion di ujung pintu (seperti tahun '90) dan lampu sein di fender samping, beberapa Trooper '86-'87 sudah terdapat bracketnya. Tinggal pasang deh.
Kebanyakan Trooper 3 pintu edisi tahun 1986-1987 yang saya temui sudah dirubah memakai grill lampu kotak. Tetapi menurut saya tetap tidak mengurangi daya tariknya. Toh memang “rasa” nya sudah dekat dengan varian 5 pintu berlampu kotak.

Berbagi pengalaman, beberapa minggu yang lalu saya diminta teman untuk memilih beberapa Trooper yang dia inginkan. Dengan budget terbatas, pilihan terutama ada di varian 3 pintu. Kriteria dia adalah Trooper yang cukup nyaman untuk dipakai harian dan sesekali jalan-jalan OffRoad bersama keluarga kecilnya. Karena ini akan jadi Trooper pertamanya dan saya tidak ingin memberi kesan negatif, maka saya pilih Trooper keluaran 1986. Dengan kelengkapan yang ada, saya masih berani membandingkan (kecuali soal pintu ya..) dengan Isuzu Panther C223, walaupun harga si Trooper ini mepet budget tapi worthed.

Untuk OffRoad.. Varian 3 pintu Long tahun '86-'87 pasti masih mumpuni. Masih ingat Red Devil II Cak Onno sang Trooper Idol 2011? RD II adalah salah satu contohnya.

Bersambung.....

No comments:

Post a Comment