Tuesday, May 17, 2011

KTI Surabaya Exploring the Hidden Paradise of East Java, 14-17 Mei 2011


Komunitas Trooper Indonesia (KTI) Chapter Surabaya Exploring Sukamade: The Hidden Paradise of East Java


Pada tanggal 14 - 17 Mei 2011 yang lalu, KTI Chapter Surabaya melaksanakan perjalanan wisata keluarga dengan tajuk "KTI Surabaya Exploring Sukamade: The Hidden Paradise of East Java". Acara ini merupakan perjalanan off road bersama keluarga (off road family trip) menuju Taman Nasional Meru Betiri atau yang dikenal dengan Sukamade, di Banyuwangi. Salah satu tujuan dari perjalanan wisata keluarga ini adalah untuk menanamkan rasa cinta akan alam bagi generasi muda KTI, yang diharapkan dapat menciptakan semangat untuk mencintai alam yang lebih baik, sehingga alam Indonesia akan lebih terjaga kelestariannya.




Off road family trip ke Sukamade diikuti oleh 6 anggota KTI Surabaya beserta keluarganya. Mereka antara lain Putu Anom dan keluarga, Erik Ardiansjah dan keluarga, Pak Indrajaya dan keluarga, Catur dan keluarga, Dedi dan keluarga, serta Faizol dan keluarga, dengan total 25 orang. Selain berwisata off road, perjalanan ini sekaligus memperkenalkan anak-anak (trooperkids) akan alam Jawa Timur termasuk penangkaran penyu di Sukamade. Keguyuban terasa sangat kental dimana para ibu yang selalu menyiapkan hidangan santap pagi, siang maupun malam secara bersama-sama bagi seluruh anggota rombongan. Ada yang membawa bahan makanan, peralatan masak, bahkan genset kecil untuk penerangan.

Rombongan berangkat dari Surabaya pada tanggal 14 Mei 2011, dengan terlebih dahulu berkumpul di rest area tol Sidoarjo. Start dari tol Sidoarjo, rombongan menuju ke arah Probolinggo dimana di sana telah menunggu rekan-rekan KTI seperti mas Taufik, pak Dadang, dan pak Budi, serta Mr. Ricardo, untuk menyambut rombongan KTI Surabaya. Mendekati Leces Probolinggo, bergabung 4 mobil rombongan dari Jmny 4x4 Surabaya yang dipimpin oleh pak Krisna. Rombongan pun menyambut rekan-rekan Jimny untuk bersantap siang bersama di Probolinggo, yang disambut dengan hidangan tradisional oleh mas Taufik. Suasana kekeluargaan khas KTI yang tanpa membedakan latar belakang klub, sangat terasa dalam kesempatan ini. Setelah melepas rombongan Jimny yang melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi, rombongan KTI kemudian melanjutkan perjalanan ke Jajag untuk beristirahat sebelum keesokan harinya berangkat menuju Sukamade.

Rombongan KTI Surabaya bergerak ke Sukamade melalui jalur off road dari pantai Rajegwesi. Sebelum masuk jalanan berbatu yang mengharuskan penggunaan 4x4, 7 mobil rombongan Jimny 4x4 bergabung kembali. Sempat terjadi negosiasi dengan kendaraan lain saat berpapasan dari arah yang berlawanan, karena jalan yang terjal dan sempit serta jurang di sisi kanan dan kiri. Memasuki Wisma Sukamade, rombongan telah menempuh perjalanan on road 24 km dan off road 31 km, yang ditempuh dalam waktu 7 jam. Syukurlah tidak ada hambatan yang berarti baik di kendaraan maupun fisik peserta. Rombongan Jimny 4x4 kemudian memisahkan diri dan melanjutkan perjalanan ke Ijen pada hari itu juga, sementara rombongan KTI Surabaya menginap di Wisma Sukamade dengan diselingi acara  mengamati proses penyu bertelur di malam hari, serta melepas tukik (anak penyu) di pagi harinya. Selain itu, KTI Surabaya juga mengikuti program adposi telur penyu dengan jumlah telur 92 buah.


Keesokan harinya tanggal 16 Mei 2011, rombongan kembali ke Surabaya melalui jalanan terjal berbatu dan berlumpur karena guyuran hujan di malam harinya. Rombongan mulai mengalami kendala dimana 2 Trooper mengalami masalah pada transmisi 4x4. Dengan semangat "Never Leave Friends Behind", kendala tersebut dapat diatasi bersama-sama sehingga seluruh kendaraan dapat melewati area Sukamade. Sempat beristirahat sejenak di pos terakhir Jagawana Taman Nasional Meru Betiri sebelum kemudian melanjutkan kembali perjalanan ke Surabaya. Total perjalanan dari Sukamade menuju Jajag ditempuh dalam waktu 10 jam dengan 24 km on road, dan 31 km off road. Total perjalanan ini belum termasuk perjalanan ke Surabaya melintasi Jajag, Bondowoso, Jember, Probolinggo, Pasuruan, Porong dan Surabaya. Total waktu adalah sekitar 20 jam perjalanan untuk sampai kembali ke Surabaya. Seluruh peserta sangat menikmati perjalanan wisata keluarga ini. Walaupun dengan kepenatan di akhir perjalanan, namun selalu ada canda tawa serta semangat kekeluargaan yang semakin solid, yang mempu mengatasi semua kendala yang ada. 




Sumber Artikel & Foto: Putu Anom, Surabaya, 05-2011

4 comments:

  1. Replies
    1. Salam kenal Om..,lg cari info komunitas trooper di banyuwangi brgkli ada no.hp/telp yg bsa di hubungi..trima ksh sblmnya# hub.yan WA 087752592002

      Delete
  2. https://www.tokopedia.com/jaya88anugrah/etalase/chevrolet-trooper

    Karet-Karet Chevy Trooper!

    ReplyDelete
  3. Salam kenal...pingin joint komunitas trooper di surabaya atau sidoarjo. Ada contact person nya ?

    ReplyDelete