Friday, May 28, 2010

Liputan WJAOR hari ke-1


Komunitas Trooper Indonesia pada acara West Java Adventure Off Road tahun ini, mengirimkan 3 tim yang masing-masing terdiri 3 kendaraan. Tim-tim yang dikirim merupakan gabungan peserta dari anggota KTI yang ada di Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Palembang. Tim 1 terdiri Trooper milik Irawan, Ragung dan Pak Tono dari Semarang, Tim 2 terdiri dari Trooper milik Georgy, Rake dan Agun, sedangkan Tim 3 merupakan tim gado-gado yang terdiri dari pak Herawan, Didik dengan Jimny Jangkrik dan Welly dengan Toyota Hi-Lux.


Peserta berangkat dari Jakarta tanggal 26 Mei 2010, Rabu siang, untuk melaksanakan Scruteneering di Bandung. Di awal persiapan menjelang keberangkatan, sempat terjadi beberapa kendala pada beberapa kendaraan seperti milik Irawan yang baru bisa berangkat sekitar pukul 8 malam dari Jakarta, sedangkat kendaraan lainnya seperti Rake, Ragung, Agun, Didik, Georgy dan Welly sudah berangkat siang harinya menuju Bandung. Namun di tengah perjalanan Trooper milik Ragung sempat mengalami patah as roda belakang dan terpaksa berhenti di rest area di KM 84 Tol Cikampek. Beruntung Fiddoh memiliki cadangan as roda dan langsung part pengganti ini dibawa ke lokasi rest area untuk mengganti yang rusak. Sedangkan peserta lainnya tetap melanjutkan perjalanan ke Bandung untuk mengejar waktu Scrut yang akan ditutup pada pukul 22.00 WIB. Trooper milik pak Tono yang dikirim langsung dari Semarang pun juga mengalami kerusakan dimana dinding penyangga A-Arm mengalami robek sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan. Terpaksa mobil yang telah dipersiapkan untu acara WJAOR ini diganti dengan Trooper lainnya yang langsung berangkat menuju Bandung. Sedangkan pak Herawan yang posisinya sudah berada di Bandung, sudah siap dengan kendaraannya untuk melakukan Scrut. Beruntung pada akhirnya Trooper Irawan dan Ragung kembali normal dan menyusul ke Bandung dan berkumpul dengan anggota tim lainnya. Seluruh tim KTI lolos tahap Scrut namun khusus Trooper pak Tono yang tidak dilengkapi dengan roll bar tidak dapat melanjutkan acara di tahap TS (etape terakhir dari WJAOR).


Start dimulai pada hari Kamis siang 27 Mei 2010 dan langsung menuju trek Road Country 1. Mulai dari awal start, Tim KTI 1,2 dan 3 selalu berjalan beriringan dalam 1 grup dan tidak ada yang saling meninggalkan anggota tim lainnya. Di awal perjalanan trek yang terdiri dari kombinasi tanah berlumpur dan makadam, belum memberikan tingkat kesulitan yang berarti. Beberapa cerug 'V' dan alur sungai dapat dilewati tanpa masalah. Namun sempat terjadi beberapa kali antrian dikarenakan beberapa peserta lain yang mengalami gangguan mesin ataupun terperosok ke area sawah dan longsoran.


Mendekati malam trek yang dilewati mulai memberikan kesulitan bagi beberapa peserta. Lebar jalur yang sempit yang hanya memberikan jarak beberapa cm dari ban kendaraan, membuat peserta ekstra hati-hati saat melajukan kendaraan. Ditambah dengan kegelapan malam dan jarak pandang yang terbatas, membuat para navigator tim bekerja keras mengarahkan pengemudi agar tidak terjerumus ke dalam area longsoran.


Pada hari pertama ini, satu kejadian yang sangat luar biasa dan sangat mengagumkan dari teman-teman KTI ditunjukkan pada saat salah satu mobil dari tim Trooper Nusantara yang terguling ke area persawahan akibat terlalu dekat dengan area longsoran. Kebetulan pada saat itu rombongan tim KTI yang melewati area tersebut mengetahui kejadian ini dan langsung memberikan pertolongan serta melakukan evakuasi terhadap mobil tersebut dengan secara bersamaan dan bahu membahu menggunakan 5 line sekaligus untuk menarik dan mengembalikan posisi kendaraan agar bisa kembali ke jalur trek. Beruntung tidak ada satupun personil tim Trooper Nusantara ini yang mengalami cedera namun mengalami kerusakan pada winch-nya. Dengan moto "Never Leave Friends Behind"....Tim KTI telah menunjukkan bahwa moto tersebut bukan hanya diwujudkan dalam kata-kata saja, melainkan benar-benar dalam tindakan yang nyata.

Trooper pak Sofiudin kemudian melanjutkan perjalanan bersama-sama dengan rombongan tim KTI untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dan juga agar selalu ada pertolongan saat terjadi masalah. Sisa perjalanan yang ada menuju Base Camp 1 (BC 1) merupakan perjalanan yang sangat berat. Seluruh kendaraan harus menggunakan winch agar bisa keluar dari jalur ini dan hingga pukul 5 pagi keesokan harinya, belum semua tim KTI yang dapat keluar dari jalur. Masih terdapat sekitar 100 kendaraan peserta lain yang berada di belakang tim KTI, termasuk tim The Series yang salah satu pengemudinya adalah Ryco. Mereka masih tertinggal sekitar lebih dari 15 km di belakang.


Tim official KTI yang telah tiba di lokasi Base Camp 1 pada Rabu malam adalah pak Tono dan Eka yang juga telah menyiapkan perbekalan dan logistik bagi tim KTI. Sedangkan hari Jumat subuh, tim official lainnya yang terdiri dari Abitani, Alex dan pak Nasiful juga telah tiba di Base Camp dengan membawa perbekalan tambahan. Beruntunglah dengan bantuan doa dari seluruh rekan-rekan KTI lainnya di seluruh Indonesia, dan juga dengan pengalaman anggota Tim, seluruh Tim hingga saat ini masih dalam kondisi yang prima. Hanya Trooper milik Rake yang mengalami kerusakan motor winch dan mudah-mudahan saat tiba di Base Camp 1 dapat dilakukan perbaikan. Pukul 5 pagi Tim KTI 1 dan 2 telah memasuki Base Camp, sementara Tim KTI 3 masih berusaha merecovery Trooper pak Sofie sehingga baru sekitar pukul 9.45 memasuki Base Camp 1.


Seluruh anggota Tim KTI beristirahat sambil menunggu sisa peserta yang masih tertinggal di CR-1 tiba di Base Camp 1. Anggota tim KTI cukup beruntung karena memperoleh kesempatan istirahat cukup banyak dibandingkan sekitar 100 peserta lainnya yang hingga pagi tadi masih bersusah payah keluar dari jalur CR-1.





Artikel oleh Yudhi
Foto oleh Ryco, Ian, Ragung

2 comments:

  1. reportase mas Yudhi memang mantap...
    salute atas brotherhood KTI yang patut dibanggakan
    terima kasih atas reportasenya...walau jauh tp bisa merasakan perjuangan temanx KTI tim WJAOR
    salute..
    salam KTI JATIM...luaaarbiasaaaa
    :-)

    ReplyDelete
  2. Salut mas.."Never Leave Friends Behind" sampe merinding bacanya....brotherhood itu yg agak susah hari gini...2 jempol buat tim KTI

    ReplyDelete