Tuesday, May 25, 2010

Liputan Camping Paseban - Sewindu KTI, 22-23 Mei 2010

Tidak ada satupun kata-kata yang dapat melukiskan begitu indahnya persahabatan dan rasa kekeluargaan yang tercermin saat mengikuti acara Kemping Bersama KTI di Bukit Pakis Paseban, 22-23 Mei 2010 yang lalu. Kegiatan yang diadakan dalam rangka sewindu KTI yang jatuh pada tanggal 28 Mei 2010 mendatang, dihadiri sekitar 40 kendaraan baik Trooper maupun yang lainnya dan dengan jumlah peserta lebih dari 70 orang termasuk anak-anak dan juga mayoritas para sesepuh KTI yang telah setia menyertai perjalanan KTI selama 8 tahun terakhir. Acara ini menggambarkan begitu kuatnya tali persahabatan dari sebuah keluarga yang dibentuk tanpa memandang perbedaan jenis kendaraan, melainkan menggunakan suatu perbedaan untuk membangun tali silaturahmi yang penuh dinamika yang harmonis.





Perjalanan dimulai dengan terlebih dahulu berkumpul di meeting point di Rest Area Sentul. Rencana awal yang seharusnya berkumpul pukul 8 pagi dan berangkat menuju lokasi pukul 9, mengalami keterlambatan sehingga rombongan baru dapat berangkat pada pukul 9.30 pagi. Setelah terlebih dahulu dilakukan briefing dan doa bersama memohon perlindungan selama perjalanan, rombongan yang dipimpin oleh Ryco sebagai Team Leader dan Ragung sebagai Sweeper, berangkat menuju lokasi dengan mengambil rute melewati exit tol Sentul City dan melalui jalur Rainbow Golf Sentul, Gunung Geulis, dan keluar di daerah Gadok. Rute ini diambil untuk menghindari kemacetan yang umumnya terjadi mulai di ujung exit tol Ciawi menuju Puncak. Selama perjalanan rombongan sempat berhenti beberapa kali untuk menunggu beberapa rekan yang menyusul di belakang. Perjalanan cukup lancar dan hanya terhambat kemacetan saat keluar dari persimpangan Gadok untuk menuju ke arah Cilember. Setelah mencapai persimpangan Jalan Pesantren, rombongan berhenti untuk membeli bekal makan siang sekaligus untuk regroup sebelum melanjutkan perjalanan menuju Bukit Pakis Paseban.


Jalan menuju lokasi cukup bervariasi dengan banyak tanjakan-tanjakan curam yang panjang, yang membuat beberapa kendaraan yang tidak memiliki kemampuan 4x4 terpaksa harus ditarik agar bisa melanjutkan perjalanan. Sempat terjadi insiden yang menimpa Land Rover milik Ryco yang dikemudikan oleh Ryan Kosasih. Kendaraan tersebut tergelincir ke dalam selokan dan tidak bisa keluar sehingga harus dibantu oleh 2 kendaraan yang berada di depan dan dibelakangnya. Beruntung Land Rover tersebut dilengkapi dengan winch sehingga dengan mengaitkan winch ke mobil di depannya, dan ditahan juga oleh winch kendaraan di belakangnya. Berkat kerjasama dari seluruh rekan-rekan yang berada di lokasi, Land Rover tersebut berhasil direcovery dan dapat melanjutkan perjalanan. Jalur menuju Bukit Paseban memang sangat tidak memungkinkan dilalui oleh kendaraan tanpa penggerak 4x4 karena kontur jalan yang ada hampir sebagian merupakan tanjakan dengan sudut kemiringan hampir 35-40 derajat.


Rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 12.30 siang yang mana melewati dari rencana awal. Seluruh peserta segera mempersiapkan tenda masing-masing dan mencari lokasi yang diinginkan. Bukit Pakis memang sangat luar biasa. Pemandangan yang ditawarkan oleh tempat ini memang sesuai dengan apa yang diiklankan. Gunung Salak sebagai latar belakang dan lampu-lampu kota dikejauhan memberikan suasana yang sangat menakjubkan. Sayangnya pada hari itu cuaca kurang mendukung dan diselimuti oleh kabut.





Selesai mendirikan tenda masing-masing dan menyantap makan siang, panitia mengadakan games bagi para Trooperkids yang berjumlah tidak kurang dari 20 orang. Buat anak-anak acara games ini sangat membuat mereka bahagia, selain suasananya yang sejuk dan nyaman, anak-anak juga sangat bersemangat untuk bisa menikmati akhir pekan ini dengan melakukan camping bersama orang tuanya.





Acara puncak dari kegiatan ini adalah acara yang dilakukan pada malam hari-nya. Setelah seluruh peserta selesai berbenah, acara yang dilengkapi dengan peralatan sound system yang lengkap dan dilengkapi juga dengan layar dan slide projector, dibuka dengan acara ramah tamah dan perkenalan para anggota baru. Acara ini dipimpin oleh Yudhi selaku Founding Father KTI yang membuka acara ramah tamah ini dengan renungan kilas balik perjalanan KTI dari awal berdirinya hingga sekarang. Cerita-cerita pengalaman masa lalu dimana KTI yang hanya terdiri dari sebuah milis, kemudian memulai aktifitasnya yang nyata dengan Kopdar pertamanya dimana para personil yang hadir dalam Kopdar perdana tersebut hingga kini masih eksis dan hadir di acara Camping Paseban ini. Yudhi, Pak Zulkifli beserta ibu, dan pak Nasiful, adalah sebagian dari para personil KTI yang 8 tahun lalu bersama-sama memulai nafas kehidupan komunitas ini yang hingga kini masih aktif mengembangkan persaudaraan bersama dengan keluarga besar Komunitas Trooper Indonesia. Renungan ini dibawakan dengan penuh rasa kekeluargaan yang diselingin dengan guyonan atau canda tawa khas KTI, benar-benar suasana yang penuh kehangatan yang memberikan rasa nyaman disertai hujan yang turun sepanjang malam.


Acara dilanjutkan dengan makan malam bersama dan diawali dengan pemotongan tumpeng oleh para senior KTI yang kemudian diberikan kepada para Sesepuh dan Pendiri KTI. Suasana makan malam yang sungguh nikmat serta diiringi alunan lagu dari salah satu rekan berbakat KTI, Alan Marton, serta lantunan lagu dari beberapa rekan yang hadir seperti pak Gafoer, Ryco, dan lain-lainnya. Acara malam ini ditutup dengan kegiatan nonton bersama DVD TIAOR-1 Mantiung dan dilanjutkan dengan acara bebas. Beberapa rekan kemudian menghabiskan malam yang luar biasa ini dengan bernyani sambil diiringi oleh Alan yang ternyata merupakan pemain organ tunggal yang sangat berbakat. Memang luar biasa KTI ini, komunitas yang memiliki banyak potensi berbakat yang selalu saling berbagi kemampuannya satu sama lain. Inilah salah satu kebanggan KTI, yaitu semangat 'dari, oleh dan untuk KTI'.









Pagi hari setelah makan pagi bersama, acara dilanjutkan dengan games bagi anak-anak dan para orang tua. Anak-anak memulai acaranya dengan lomba mewarnai sedangkan para orang tua dipimpin oleh sdr. Pras dengan olahraga pagi dan games-games yang mengocok perut. Tawa riang yang menemani suasana permainan ini menjadi sesuatu yang tidak akan pernah terlupakan oleh rekan-rekan KTI yang hadir di acara ini. Kehangatan dan suasana kebersamaan inilah yang memberikan kekuatan bagi KTI untuk selalu bisa bertahan hingga kapan pun.









Selesai acara permainan dan foto bersama di lapangan terbuka, rombongan kemudian berbenah diri untuk bersiap-siap pulang ke tujuan masing-masing. Kira-kira pukul 10.30 siang rombongan bergerak turun dan melakukan regroup di persimpangan Jalan Raya Puncak sebelum kemudian bergerak kembali menuju Jakarta. Sebagian peserta menyempatkan diri melakukan wisata kuliner di Bogor dengan dipandu oleh salah satu rekan dari KTI Bogor, Adit. Rombongan menuju salah satu tempat makan yang terkenal di Bogor yang menyajikan hidangan toge goreng untuk bersantap siang bersama sebelum akhirnya membubarkan diri masing-masing. Kesempatan ini juga digunakan oleh beberapa rekan baru untuk melakukan upacara penempelan stiker KTI untuk mengesahkan kehadiran teman-teman baru ini ke dalam keluarga besar KTI. Selamat bergabung mas Azmi...dan sampai jumpa kembali di acara KTI selanjutnya.

Bravo KTI!!!









Foto-foto lainnya dapat dilihat di FaceBook milik Ryco, Kusuma dan Yoshi

Artikel oleh Yudhi
Foto oleh Yudhi, Ryco, Kusuma, Yoshi, Gafoer, Georgy

2 comments:

  1. Hmmm.... Stikernya Keren, Kapan DI Medan Bisa Pake Stiker Gitu Yah ? Kalau ga Ada STiker Trooperna, Ga ada Penarik Buat Teman Teman Trooper DI MEdan yang laennya

    ReplyDelete
  2. Selamat ultah KTI ke8
    sukses selalu
    keep brotherhood alive
    always faithfull

    ReplyDelete