Monday, September 10, 2012

Testimonial - Andhika (Bagian Ketiga...habis)


"Trooper Pilihan Saya"

Sebuah testimonial dari seorang Andhika A. Pradana

Bagian terakhir dari tulisan iseng tentang (Chevrolet) Trooper terbaik menurut saya.

Kali ini saya akan membahas tentang Trooper 5 pintu bermesin bensin 4ZD1. Generasi ini memiliki rentang waktu pemasaran antara tahun 1991 sampai dengan tahun 1996, walau produksi terakhir mungkin di kisaran tahun 1995. Edisi bensin ini menggunakan sasis yang sama dengan edisi diesel ’90-’91, yaitu sudah menggunakan sasis yang didesain untuk mesin 4JB1T dan 4ZE1, walau dipasangkan dengan mesin “kuno” dari Trooper Internasional pasar tahun ’85-’86. Untuk versi Indonesia, 4ZD1 memiliki tenaga yang paling baik dibandingkan pendahulunya yang bermesin diesel. Ada beberapa perbedaan antara satu tahun dengan tahun lainnya.

Pada edisi ’91-’92 menggunakan pilihan warna seperti edisi diesel, yaitu putih-biru tua-biru muda-merah-hijau. Sedangkan pada ’92-’96 pilihan warna yang ditawarkan adalah hijau tua-silver-hitam dengan optional list chrome pada talang dan fender serta side body moulding pada sisi samping bawah. Dari rentang pemasaran Trooper bensin yang ada di Indonesia, pilihan terbaik saya adalah pada varian High Roof tahun ’94-’96.
Alasannya sebagai berikut :
  1. Varian atap HighRoof ditawarkan terbatas untuk pasar Inggris ’86, pasar Timur Tengah ‘85-’86 dan pada Lotus Special Edition ’90-’91. Hal ini menjadikan varian ini lebih spesial. Hanya versi Inggris ’86, Timur Tengah ‘86 dan Jepang ’91 yang pakai versi atap ini. Di Indonesia sendiri juga terbatas hanya di tahun-tahun akhir peredaran Chevrolet Trooper.
  2. Atap meninggi di bagian belakang menciptakan kenyamanan lebih baik bagi penumpang di kabin paling belakang. Kalau ada yang pernah coba duduk di bangku paling belakang (yang berhadap-hadapan) di versi flat roof, pasti kerasa bahwa head roomnya rendah sekali.
  3. Pada edisi ’94-’96 sudah menggunakan blower orisinil Isuzu, sehingga panel AC yang tadinya simple untuk tahun ’92-’93 kembali diubah menjadi versi komplit dan kali ini benar-benar berfungsi.
  4. Karena berbasis type “Export”, varian HighRoof adalah top of the line yang memiliki hampir semua kelengkapan opsional Isuzu Trooper.
  5. Parts untuk 4ZD1 dan gearbox MSG5E-T di pasar internasional lebih mudahdiperoleh, walau di Indonesia termasuk jarang.
Buat saya minusnya Trooper bensin hanya satu, yaitu dari mesin bensinnya itu sendiri. Karena 4ZD1 sebenarnya adalah mesin yang didesain digunakan untuk varian 3 pintu yang ringan. Pemakaian mesin ini dengan rasio gearbox dan FGnya membuat varian HighRoof tidak selincah varian Flat Roof nya. Tapi tenaga yang lebih baik dan kenyamanan mesin bensin dibandingkan varian diesel membuat Trooper bensin ini punya nilai tersendiri.

KESIMPULAN AKHIR
Dari dua tulisan saya sebelumnya, saya sudah memilih Trooper LWB ’86-’87 untuk angkatan 3 pintu dan ’90-’91 untuk 5 pintu diesel sebagai yang terbaik mewakili genre-nya. Nah sekarang kalau ditambahkan varian Hi-Roof ’94-‘96 manakah yang terbaik? Setalah dipertimbangkan, pilihan saya jatuh kepada Chevrolet Trooper Bensin HighRoof ’94-’96.
Ini alasannya, dari ketiganya Trooper bensin High-Roof ’94-‘96:
  1. Memiliki kelengkapan opsional paling banyak
  2. Suspensi paling nyaman
  3. Tenaga paling besar
  4. Ruang interior paling besar dan nyaman
  5. Kapasitas angkut paling banyak
  6. Kemungkinan upgrade ke mesin lain paling fleksibel 7. Dari sisi prestise paling tinggi karena kelangkaan dan keistimewaannya.
Sekian review saya. Tentunya pemilihan di atas sangat subjektif karena mengandalkan penilaian pribadi saya dengan pertimbangan lebih kepada kenyamanan. Bagi penyuka OffRoad tentunya punya kriteria tersendiri.

Andhika A. Pradana
KTI-0027

4 comments:

  1. Revisi sedikit ya.. Ternyata varian bensin tidak mudah untuk di swap ke mesin diesel. Jadi poin tentang "Kemungkinan upgrade ke mesin lain paling fleksible" rasanya tidak cocok.
    Tapii... Tetep pilihan Trooper terbaik saya ada di HighRoof ;)

    ReplyDelete
  2. bagaimana dengan konsumsi BBM pada mesin bensin nya...?? brp ltr / km..pada kondisi trek normal.terimakasih

    ReplyDelete
  3. Sepakat dengan pertanyaan mas ahmad falah nih? Sy terlanjur jatuh cinta dengan tampilannya dan lg nabung utk dapetin barangnya, mohon do.k admin bisa ksih pencerahan buat kami yg belum pernah mencicipi trooper tapi sdh jatuh cinta

    ReplyDelete
  4. Sepakat dengan pertanyaan mas ahmad falah nih? Sy terlanjur jatuh cinta dengan tampilannya dan lg nabung utk dapetin barangnya, mohon do.k admin bisa ksih pencerahan buat kami yg belum pernah mencicipi trooper tapi sdh jatuh cinta

    ReplyDelete