Wednesday, February 22, 2012

Trooper 212 - Jip.Otomotif.Net, 18 Feb 2012

JIP Part 2.. - Artikel ini adalah lanjutan dari artikel serupa yang dirilis pada awal Februari 2012 mengenai Anditya Rahadian, pelopor berdirinya KTI Chapter Bogor yang sejak tahun 2009 silam menekuni hobby otomotif melalui kecintaannya dengan kendaraan Trooper. Kali ini merupakan ulasan mengenai salah satu Trooper milik Anditya yang berkelir biru yang dimilikinya setelah Trooper pertamanya.

Isuzu Trooper 1984 (Biru) 
Setelah benar-benar kejebur di KTI, Anditya pun mulai mengenal off-road kompetisi. Kagiatan pertama yang diikutinya adalah event buatan Klub Bandung. Namun seiring keseriusannya, maka Anditya berencana membangun satu Trooper lagi. Akhirnya diputuskan untuk membeli satu Trooper lagi yang memang khusus untuk off-road, “Karena Trooper yang Silver, sayang banget kalau diturunin di trek.” 

Dibelilah Trooper Short tahun 1984. Lucunya, Trooper ini didapat dari browsing melalui internet, tanpa melihat detil sebelumnya. Ternyata kondisinya memang hancur banget, he..he..he. Pelajaran buat seluruh JipMania nih, “Teliti sebelum membeli!”


Tapi karena memang mau diobrak-abrik ya enggak masalah. Konsep awalnya hanya untuk turun di medan off-road ringan. Setelah beres kaki-kaki, saya coba ikut TIFOR di Borbolang. Pertama lancar, tetapi pas ketemu ketemu handicap berat, Trooper langsung ‘bubar jalan’. 

“Akhirnya kena racun juga saya mas.” Anditya pun bilang, “Saya enggak mau pake mesin 4JB1-T (Isuzu Bighorn), pakai yang beda ah!” Pria inipun pernah berpikir untuk memasang mesin Cherokee atau mesin Toyota Supra 2JZ. Sayang setting mesinnya cukup ribet karena harus bongkar firewall. Setelah mencari yang cocok, dipilihlah mesin Toyota 1KZ. Alasannya, tenaganya oke dan tidak berisik. 

Mesin
Pengalaman di TIFOR begitu membekas. Tak pengin kejadian terulang, Anditya langsung membongkar Trooper. Halfcut Toyota Hilux yang memakai mesin 1KZ plus girboks matic dibeli dan langsung diceploskan semuanya ke Trooper. Mulai dari mesin, girboks, transfercase dan gardan. 

Mesin diesel Toyota 1KZ berkapasitas 3.000 ini bikin Trooper Anditya gampang dikenali di antara anggota KTI. “Karena berbeda.”


Gardan
Enggak mau ribet dengan settingan gardan, iapun mengaplikasikan gardan Hilux (depan-belakang) menggantikan kaki-kaki Trooper bawaan pabrik. Final gir terpasang 7: 37.


Agar traksi ban tak pernah hilang di gardan depan-belakang dipasangi pula Air Locker ARB. Perubahan suspensi asli jadi coilovershock membawa konsekuensi mengubah sistem suspensinya juga. Ada penambahan link arm bawaan Hilux untuk mengatur pergerakan gardan 

Sokbreker 
Dendam gagal melahap handicap, Anditya nekat memasang King Coiloveshock lengkap dengan bumstopnya.


Bumper 
Depan belakang dipasang bumper lokal buata ARJ. Dipasang tak sekadar menempel, namun dibaut erat ke sasis sekaligus jadi dudukan winch Warn 8275 M50


Jok 
Jok dipasang Summit plus RaceQuip safetybelt 5 titik. Agar memiliki bantalan lumayan empuk ditambahkan sarung kulit membungkus jok Summit. 





Rollbar 
Besi seamless melindungi Trooper dari dalam. Terintegrasi kuat karena ditanam menyatu dengan sasis. 







Pelek 
Pelek Modular berpasangan dengan Simex Extreme Trekker 35x10,5-R15 







Interior 
Dasbor asli Hilux lengkap dengan stirnya akhirnya bisa menggantikan dasbor dan stir bawaan pabrik





Spesifikasi















Artikel asli dapat dilihat di: Jip.Otomotifnet.com

No comments:

Post a Comment