Saturday, March 12, 2011

Mesin Isuzu Trooper Generasi I & II

Berikut ini adalah beberapa mesin yang pernah digunakan di Trooper generasi Pertama maupun generasi Kedua yang dirilis di berbagai negara di dunia, termasuk di antaranya di Indonesia.

C223 Diesel (UBS-52)
C223 Diesel muncul bersamaan dengan kelahiran Isuzu Bighorn/Trooper di tahun 1981 dengan kode produksi UBS52. Mesin ini termasuk jenis yang sangat terkenal karena kehandalannya. Tenaga dan torsi yang dimiliki cukup kuat untuk Trooper jenis 3 pintu, namun pada Trooper 5 pintu yang karena bobotnya yang lebih berat, maka tenaga mesin ini dirasakan sangat kurang.


Kode Mesin: C223 Diesel - Indirect Injection
Tahun Produksi: International (1981-1986), Indonesia (1984-1990), USA (1984-1986)
Jumlah silinder: 4 segaris
Diameter x Langkah (mm): 88 x 92
Volume mesin (cm3): 2,238
Rasio Kompresi: 21.0
Daya (kW, (HP)/(r/min): 45(61)/4,000RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 130(13.3)/2,200RPM

C223-T Diesel Turbo (UBS-52)


Diperkenalkan pertama kali di Jepang dan menjadi optional dari mesin standard C223. Mesin ini memiliki kemampuan dan torsi yang lebih baik dari tipe non-turbonya dan memungkinkan Isuzu memasangkannya dengan gearbox MSG5E yang memiliki rasio gigi yang lebih tinggi. Turbo yand dipakai adalah Garret generasi awal (AirResearch). Mesin ini memiliki sensitifitas yang lebih tinggi terhadap sistem pendinginan, sehingga radiator yang digunakan adalah type triple core.


Kode Mesin: C223-T (Turbocharged) - Indirect Injection
Tahun Produksi: International (1984-1987), USA (1984-1986)
Jumlah silinder: 4 segaris
Diameter x Langkah (mm): 88 x 92
Volume mesin (cm3): 2,238
Rasio Kompresi: 21.0
Daya (kW, (HP)/(r/min): 53(71)/4,000RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 170(17.3)/2,200RPM

G200Z Bensin (UBS-13)


Selain dari C223 diesel, tipe mesin ini juga muncul bersamaan dengan kelahiran Bighorn/Trooper di tahun 1981. Tipe ini merupakan penyederhanaan dari varian DOHC yang dipakai Isuzu 117 Coupe GT. Kelas terbesar dari mesin bensin Isuzu G-series yang terkenal di kelas sedan dan coupe Isuzu pada tahun 1970-an. Teknologi yang masih sederhana membuat mesin ini tidak dikembangkan lebih lanjut pada Trooper.


Kode Mesin: G200Z
Tahun Produksi: International (1981-1983), USA (1984-1985)
Jumlah silinder: 4 segaris SOHC
Diameter x Langkah (mm): 87 x 82
Volume mesin (cm3): 1,949
Rasio Kompresi: 8.4
Daya (kW, (HP)/(r/min): 61(81)/4,000RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 140(14.3)/3,000RPM

4ZD1 Bensin (UBS-16)


Mesin bensin yang menjadi pengganti tipe G200Z memiliki potensi untuk menghasilkan tenaga hingga 200 BHP yang sangat ideal untuk Trooper 3 pintu. Namun pada Trooper 5 pintu yang memiliki bobot yang lebih besar dan berat, membuat performa dan efisiensi pemakaian bahan bakar pada mesin ini menurun. Di Indonesia pada beberapa kasus, mesin ini mudah cepat panas/overheat dan mengakibatkan cylinder head melengkung.


Kode Mesin: 4ZD1
Tahun Produksi: International (1984-1986), Indonesia (1991-1995), USA (1986-1987)
Jumlah silinder: 4 segaris SOHC
Diameter x Langkah (mm): 89 x 90
Volume mesin (cm3): 2,250
Rasio Kompresi: 8.3:1
Daya (kW, (HP)/(r/min): 82(110)/4,600RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 170(17.3)/2,600RPM

4ZE1 Bensin (UBS-17)

Mesin ini menjadi pengganti dari tipe 4ZD1 dengan sistem pengapian elektronik dan kapasitas yang lebih besar, dan menjadikan mesin ini lebih efisien dan bertenaga. Namun dilain sisi, sistem elektronik juga menjadi kelemahan tersendiri di dalam perlindungannya terhadap air dan daya tahan di medan offroad. Mesin ini digunakan secara luas berbarengan dengan varian diesel 4JB1-T, termasuk untuk RS US-Spec dan Irmscher Special Edition.



Kode Mesin: 4ZE1
Tahun Produksi: International (1987-1991), USA (1987-1991)
Jumlah silinder: 4 segaris SOHC EFI
Diameter x Langkah (mm): 93 x 95
Volume mesin (cm3): 2,559
Rasio Kompresi: 8.3:1
Daya (kW, (HP)/(r/min): 89.5(120)/4,600RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 190(19.9)/2,600RPM


4JB1-T Turbo Diesel (UBS-55)

Mesin ini merupakan andalan Isuzu pada medio akhir tahun 1980-an yang terkenal dengan tenaga dan efisiensinya. Digunakan secara luas pada hampir semua tipe, kecuali pada pasar Amerika dan Indonesia. Penambahan intercooler ditemui mulai dari tahun 1988 pada tipe Irmscher Special Edition dengan tenaga yang sedikit lebih besar dibandingkan versi standarnya. Sudah dilengkapi dengan sistem EGR (Exhaust Gas Recirculation) yang memungkinkan mesin ini lulus pengujian emisi di Eropa.



Kode Mesin: 4JB1-T Turbocharged
Tahun Produksi: International (1987-1991)
Jumlah silinder: 4 segaris Direct Injection
Diameter x Langkah (mm): 93 x 102
Volume mesin (cm3): 2,771
Rasio Kompresi: -
Daya (kW, (HP)/(r/min):Non Intercooler 82(110)/3,600RPM, Intercooler: 86(115)/3,600RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): Non Intercooler 230(23.5)/2,000RPM, Intercooler: 240(24.5)/2,000RPM



GM 2.8L Bensin

Mesin yang diproduksi oleh General Motor dan secara khusus dipakai di Isuzu Trooper US-Spec. Memiliki daya tahan dan tenaga yang sedikit lebih baik dibandingkan versi 4 silinder tetapi dengan konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Biasa dipasangkan dengan transmisi otomatis 4L30E yang (menurut pemakaiannya di US) tidak memiliki daya tahan yang baik.



Kode Mesin: GM 2.8L LL2
Tahun Produksi: USA (1987-1991)
Jumlah silinder: 6 konfigurasi V
Diameter x Langkah (mm): 89 x 76
Volume mesin (cm3): 2,827
Rasio Kompresi: -
Daya (kW, (HP)/(r/min): 101(135)/5,000RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 224(22.9)/3,600RPM

4JG2-T Turbocharged (UBS-69)

Merupakan mesin penerus dari 4JB1-T dan dipasangkan dengan Trooper/Bighorn generasi Kedua. Pengembangan dari seri 4JG1 yang merupakan Direct Injection, pada 4JG2 dikembalikan menjadi sistem Indirect Injection. Peningkatan tenaga yang luar biasa dibandingkan dengan seri sebelumnya. Namun sayangnya pengembangan ini tidak diikuti dengan daya tahan yang baik. Mesin ini populer juga untuk dijadikan alternatif engine swapping pada Trooper generasi Pertama karena memiliki konstruksi yang mirip dengan 4JB1-T.

Pada Trooper Generasi II versi 1997 dikeluarkan varian dengan mesin diesel 4Jx1 3.0L bertenaga 159 PS/117 kW untuk versi setir kanan (Inggris dan Holden Jackaroo Australia) menggantikan 4JG2 ini. Pada versi Filipina pemakaian mesin ini diteruskan mengikuti produksi Trooper sampai dengan medio 2005.



Kode Mesin: 4JG2
Tahun Produksi: Internasional (1991-1996)
Jumlah silinder: 4 segaris Indirect Injection Turbocharged
Diameter x Langkah (mm): 95.4 x 107
Volume mesin (cm3): 3,059
Rasio Kompresi: 20
Daya (kW, (HP)/(r/min): 92(124)/3,600RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 275(28)/2,000RPM

4JX1 Diesel Turbo (UBS-73)


Mesin ini dipakai pada Trooper Generasi II untuk versi stir kanan (Isuzu Trooper di Inggris dan Holden Jackaroo Australia) menggantikan 4JG2T. Pada versi Filipina, pemakai mesin ini diteruskan mengikuti produksi Trooper sampai medio tahun 2005.

Mesin 4JX1 ini didesain bersama antara Isuzu, GM dan Caterpilar. Dengan menggunakan sistem Injektor Elektro Hidraulis dan ECM yang dikembangkan khusus oleh Hitachi, menjadikan mesin ini sangat spesial.


Kode mesin: 4JX1
Tahun produksi: Internasional : 1997 - 2005
Jumlah silinder: 4 segaris Direct Injection TurboCharged Intercooled
Diameter x Langkah (mm): 95.4 x 104.9
Volume mesin (cm3): 2.999
Rasio kompresi: 17.1
Daya (kW, (HP)/(r/min) : 117 (159)/3500 rpm
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min) : 333 (35)/2200 rpm

6VD1 Bensin (UBS-25)

Mesin bensin V6 yang merupakan mesin yang didesain Isuzu. Memiliki daya tahan dan tenaga yang cukup baik. Dipadankan dengan transmisi otomatis 4L30E buatan GM atau manual 5 percepatan buatan Isuzu. Versi SOHC dan DOHC (opsional) pertama dirilis pada tahun 1991 dan pada 1996 hanya ada satu varian SOHC dengan tenaga 142kW(190HP)/5,600RPM.

Pada tahun 1998 Trooper di Amerika Utara (2001) dilengkapi dengan mesin 6VE1 3.5L, menggantikan 6VD1. Pemakaian mesin 6VE1 dilanjutkan sampai akhir tahun produksi Trooper pada 2002 dan diteruskan pada varian Isuzu Axiom.



Kode Mesin: 6VD1
Tahun Produksi: Internasional (1991-1996)
Jumlah silinder: 6 konfigurasi V DOHC 24 valve
Diameter x Langkah (mm): 93.4 x 77
Volume mesin (cm3): 3,165
Rasio Kompresi: -
Daya (kW, (HP)/(r/min): SOHC: 130(175)/5,600RPM, DOHC: 142(190)/5,600
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 264.78(27)/3,600RPM

6VE1 Bensin (UBS-26)




Kode mesin: 6VE1
Tahun Produksi: Internasional : 1998 - 2005
Jumlah silinder: 6 Konfigurasi V DOHC 24 valve
Diameter x Langkah (mm): 93.4 x 85
Volume mesin (cm3): 3494
Rasio kompresi: 9.1 : 1
Daya (kW, (HP)/(r/min) : 130 (125)/5400 rpm
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min) : 230 (23)/3000 rpm


Artikel dan gambar oleh Andhika, 2010

6 comments:

  1. gan dimana bisa dapetin mesin diesel 4jb1

    ReplyDelete
  2. Kalo mau cari 4JX1 dimana ya gan?

    ReplyDelete
  3. saya dapat isuzu trooper dengan mesin 4jx1, dalam keadaan mesin berantakan, saya stel, sampai komplit, tapi ga bisa hidup. sampai sekarang. adakah yang tahu mengenai mesin ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saia, mendingan swap dgn mesin 4jj1tc pny isuzu dmax/ mux. Sparepart & ketersedian mesin cukup bnyk di indo. Limbahan dr mobil eks proyek lumayan bnyk klo mau nyari kanibalnya

      Delete