Saturday, March 12, 2011

Berbagai Jenis Sein Trooper

Trooper generasi Pertama memiliki beberapa jenis sein yang berbeda pada beberapa versi yang terdapat di berbagai negara. Secara umum terdapat 2 jenis lampu sein Trooper yaitu lampu sein pada gril lampu bulat (1981-1986) dan lampu sein pada gril lampu kotak (1987-1990). Dan dari kedua jenis tersebut dapat pula dibagi beberapa varian.





Untuk edisi '81-'83 Trooper dan Jackaroo menggunakan lampu sein buatan vendor IKI. Lampu sein ini sudah terlebih dahulu digunakan pada truk HINO pada tahun 1970-an dan bus-bus penumpang (termasuk Isuzu) di Jepang.



Sepertinya pihak Isuzu menyesuaikan desain grill pada produksi pertamanya untuk penempatan lampu sein ini dan tidak mendesain sendiri lampu seinnya, kemungkinan demi alasan efisiensi.



Trooper dengan tipe sein ini umumnya ditemui pada versi setir kanan, terutama di Jepang dan Australia.

Pada tahun 1984, masih dengan gril lampu bulat, Isuzu melakukan perubahan tipe sein yang kali ini sudah menggunakan desain sendiri.

Terdapat 2 jenis lampu sein pada tahun ini. Jenis pertama adalah jenis yang dipakai untuk pasar Internasional dengan 2 warna kuning-putih. Mika warna putih khusus untuk lampu senja (lampu kecil). Indonesia termasuk negara yang menggunakan jenis lampu sein ini karena Trooper baru dirilis pertama kali ada tahun ini.




Artikel dan gambar oleh Andhika, 2011

No comments:

Post a Comment