Monday, January 24, 2011

Perjalanan 5000 km oleh Ian, KTI Chapter Siriwijaya - Bagian 1



Siap-siap Berangkat
 Berawal dari sebuah keinginan pribadi seorang Julian "Ian" Djauhary, anggota KTI Chapter Sriwijaya, yang berkeinginan mengunjungi sesama saudara KTI di setiap Chapter yang ada di Indonesia yang dengan keterbatasan waktu dan dukungan dana yang ada, maka perjalanan ini baru dapat dilaksanakan mulai dari kota Palembang hingga kota Mataram, Lombok. Berikut adalah kisah perjalanan Ian menempuh perjalanan dari Sumatera, Jawa dan Lombok.

19 Desember 2010
Perjalanan dimulai pukul 12.00 siang dari Palembang menuju Jakarta melalui lintas timur, dengan rute Palembang-Kayu Agung-Menggala-Sukadan-Bakauheni-Merak-Jakarta). Perjalanan sempat tesendat di Pelabuhan Bakauheni yang baru dibuka setelah sempat ditutup selama 2 hari dikarenakan cuaca yang kurang bersahabat, dan sempat mengantri selama kurang lebih 2 jam. Biaya penyeberangan sebesar Rp. 210,000,- dengan menggunakan kendaraan pribadi.

20 Desember 2010
Waktu menunjukkan pukul 01.15 pagi saat kapal merapat di Pelabuhan Merak dan langsung melanjutkan perjalanan ke Jakarta dan tiba pukul 03.00 dinihari. Sempat beristirahat  selama 4 jam dan kemudian menyempatkan diri untuk mempir di bengkel ARJ untuk memasang Roofrack. Setelah bergabung kembali dengan rombongan (Kijang Innova milik atasan), jam 22.00 malam perjalanan dilanjutkan menuju Surabaya via Pantura.

21 Desember 2010
Waktu menunjukkan pukul 04.15 pagi saat memasuki kota Cirebon. Sempat tersendat selama 3 jam karena terdapat kecelakaan di daerah Alas Roban. Setelah istirahat untuk sarapan pagi dan makan siand di Alas Roban pukul 10.00 pagi, perjalanan kemudian dilanjutkan kembali. Saat mencapai 1000 km pertama adalah saat memasuki daerah Tuban. Sempat menghubungi pak Sadono untuk berencana mampir saat memasuki Lamongan, namun karena salah jalur maka perjalanan terpaksa dilanjutkan langsung ke Surabaya tanpa mampir kota Gresik. Tepat pukul 19.00 malam tiba di Surabaya dan sempat untuk kopdar  sekaligus makan malam bersama pak Tonny dan mas Erik, sebelum kemudian dilanjutkan untuk istirahat di penginapan.

22 Desember 2010

Pelabuhan Padang Bay

Antara Gilimanuk - Ketapang

Setelah beristirahat, pukul 05.30 perjalanan dilanjutkan kembali dari kota Surabaya menuju kota Mataram, Lombok. Saat memasuki Probolinggo sempat  menghubungi pak Widy. Jam 10.00 rombongan istirahat untuk sarapan dan makan siang di sebuah SPBU yang cukup bagus, lengkap dengan Restoran, Mini market dan hotel, sebelum memasuki Pasuruan. Selesai makan perjalanan dilanjutkan dan tepat pukul 13.00 kita telah sampai di Pelabuhan Ketapang. Tiba dan merapat di Pelabuhan Gilimanuk pada pukul 15.00 WITA dan setelah melakukan pemeriksaan rutin oleh petugas, langsung berangkat menuju kota Denpasar sekaligus makan malam di sekitar Simpang Siur. Pukul 22.30 WITA langsung menuju Pelabuhan Padang Bay. Dengan biaya penyebarangan Rp. 651,000,- dan ferry mulai berlayar pada pukul 23.45 selama kurang lebih 4 jam yang dipergunakan untuk istirahat tidur.

23 Desember 2010
Pukul 04.20 merapat di Pelabuhan Lembar, Lombok dan setelah menghubungi sdr. Harbanu "BigDoc", diputuskan untuk mencari penginapan di seputaran Pantai Senggigi di hotel Sheraton. Sambil menunggu istirahat disempatkan pula untuk melakukan spooring di Mataram sekaligus mencuci kendaraan.

24 Desember 2010
Setelah istirahat yang cukup, kita menikmati pantai  Senggigi dan keliling kota Mataram, menikmati sajian khas daerah setempat, ayam Taliwang dan plecing Kangkung. Setelah puas menikmati kota Mataram menggunakan Trooper AKAP, kami kemudian kembali ke hotel untuk beristirahat.

25 Desember 2010

Pantai Senggigi

Pantai Kuta, Lombok Timur
Hari ini perjalanan dilanjutkan ke Pantai Kuta yang indah untuk menikmati suasana pantai yang masih alami serta menunggu matahari terbenam. Jika di Senggigi banyak terdapat fasilitas penginapan, di pantai Kuta (Lombok Timur) hanya terdapat 1 buah hotel, Novotel, yang berkonsep rumah suku Sasak. Orang Lombok bilang, belum lengkap jika mengunjungi Lombok bila belum mengunjungi Gili Trawangan, Air...tapi menurut Ian justru belum lengkap apabila belum mengunjungi pantai Kuta di Lombok Timur. Setelah menikmati matahari terbenam di Pantai Kuta, malamnya sempat menghubungi dr. Roni sekaligus mampir untuk mengunjungi BigDoc yang sedang terbaring lemas karena terkena demam berdarah. Sekali lagi malam ini sekaligus untuk menikmati ayam Taliwang.


Kopdar KTI Rinjani di RS
26 Desember 2010
Setelah melakukan diskusi dan berembug, akhirnya diputuskan untuk tidak melanjutkan ke Sumbawa karena keterbatasan waktu. Maka setelah selesai sarapan pagi di Hotel, tepat pukul 11.30 sekaligus check out langsung menuju Pelabuhan Lembar untuk kembali ke Denpasar. Karena minimnya informasi tentang jadwal keberangkatan di Pelabuhan Lembar, kami sempat menunggu selama kurang lebih 4 jam. Dan akhirnya baru pukul 16.30 penyeberangan baru bisa dilakukan menuju Pelabuhan Padang Bay. Tiba di Pelabuhan Padang Bay tepat puul 21.30 malam dan langsung melanjutkan perjalanan ke Denpasar. Di tengah jalan sempat berpapasan dengan mas Anom, dan tiba di Denpasar pukul 23.00 untuk kemudian dilanjutkan untuk istirahat.

27 Desember 2010
Selesai sarapan pagi langsung menuju ke bengkel mas Antok dengan tujuan kopdar, namun yang bersangkutan sedang berada di Jawa sehingga kesempatan ini dilakukan untuk pemeriksaan kendaraan saja. Selesai urusan pemeriksaan kendaraan, kembali ke hotel untuk menikmati Legian disaat malam.

Bersambung............

Julian "Ian" Djauhary
KTI Sriwijaya
Jan-2011

No comments:

Post a Comment