Monday, September 27, 2010

Liputan Brimob Adventure of Trooper 2010 (oleh Andy Wijaya, KTI Sriwijaya)

Tanggal 25-26 September 2010 yang lalu, Komunitas Trooper Indonesia (KTI) Chapter Sriwijaya memenuhi undangan Satuan Brimob Polda Jambi, dalam rangka HUT Korps Brimob Polri yang ke 65. Perayaan HUT ini terdiri dari berbagai macam kegiatan. Salah satunya adalah BRIMOB ADVENTURE OF TROOPER 2010 yang bertema "TROOPER NEVER OLD" yang pelaksanaannya dilakukan oleh Kompi I Pelopor Satbrimob Polda Jambi yang dikomandoi oleh Ajun Komisaris Polisi Asep Sujarwadi, SIK. Beliau merupakan salah seorang Trooperist sejati di kota Jambi.


Dalam memenuhi undangan tersebut, KTI Sriwijaya dikoordinir oleh Ananta Galih Pramana dengan 9 unit Trooper dari berbagai tipe, berangkat dari kota Palembang pada pukul 8.00 WIB.

Sesuai dengan tradisi KTI Sriwijaya yang selalu melaksanakan kegiatan dengan melibatkan keluarga, rombongan bergerak ke Jambi dengan membawa tiga keluarga dengan 6 orang anak serta 6 orang anggota yang masih berstatus lajang. Perjalanan sempat tertunda dari waktu tempuh yang direncanakan dikarenakan adanya salah satu Trooper yang bermasalah dengan pompa oli-nya yang tidak berfungsi secara normal. Akhirnya di daerah Betung (67 km dari Palembang), dilakukan penggantian spare part dengan menggunakan electric fuel pump.


Pada pukul 18.00 WIB, rombongan tiba di Markas Kompi I Pelopor Satbrimob Polda Jambi Sungai Bertam dan disambut langsung oleh Komandan Kompi AKP Asep Sujarwadi, S.I.K. Di lokasi tersebut juga telah disiapkan perkemahan yang berjumlah 10 unit tenda keluarga dan 1 unit tenda prajurit. Sedianya tenda sebanyak ini diperuntukan kepada para peserta yang telah mengkonfirmasikan keikutsertaannya. Namun pada hari "H" beberapa peerta tidak dapat hadir sehingga banyak tenda yang berdiri tanpa penghuni.

Acara pembukaan dilangsungkan pada pukul 20.00 WIB dan dilanjutkan dengan penyalaan api unggun sebagai tanda dimulainya acara. Setelah santap malam, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan ramah-tamah, tarik suara dan joget bersama.


Keesokan harinya pada pukul 6.00 WIB, di sela-sela sarapan pagi, kehadiran rekan-rekan KTI Sriwijaya di tanah kota Batanghari, ternyata memberikan antusiasme yang tinggi pada rekan-rekan Trooperist di kota tersebut. Mereka kemudian meminta untuk segera disematkan atribut KTI di Troopernya masing-masing.


Dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan khas KTI yang ditunjukkan oleh rekan-rekan dari Sriwijaya inilah yang kemudian membuat rekan-rekan dari Batanghari berminat untuk bergabung menjadi sub-chapter di bawah KTI Sriwijaya. Kelak seiring bertambahnya waktu dan anggota, kita harapkan rekan-rekan di Jambi akan berdiri dengan bendera chapter tersendiri, Chapter Batanghari.

Selanjutnya pada pukul 7.00 WIB, semua peserta dengan 13 unit Trooper berkumpul di depan Markas Brimob untuk mengikuti pengarahan singkat kegiatan Light Off Road yang mengambil lokasi di Sungai Bertam yang merupakan lokasi Markas Kompi I Pelopor Satbrimob Polda Jambi.


Light Off Road dimulai pada pukul 7.30 WIB dengan menempuh track tanah sejauh 16 KM. Mulai dari KM 0 hingga 5, track berbatu dengan lubang-lubang ringan dapat ditempuh dengan mudah. Selanjutnya pada KM 5, peserta mulai disuguhi track off road yang sebenarnya. Track jalur air setinggi ban ditempuh oleh seluruh peserta dengan menggunakan fasilitas 4x4.


Setelah track jalur air, peserta disuguhi tanjakan-tanjakan panjang yang licin yang juga dipenuhi oleh bekas-bekas jalur air.


Sempat terjadi stuck pada salah satu Trooper, dimana rodanya terjepit jalur air yang cukup dalam. Selidik punya selidik, ternyata kesalahan terjadi karena penyesuaian interior yang menyebabkan transfer case tidak dapat difungsikan pada posisi 4L. Untunglah dengan sedikit bantuan tenaga dan doa, akhirnya dapat lolos dari jalur air tersebut.


Setelah melalui medan light off road yang cukup menantang, di ujung rute telah disediakan jagung rebus, kacang rebus, pisang rebus dan ubi rebus sebagai santapan....mantappp....


Setelah kegiatan light off road selesai maka dilakukan kegiatan parade keliling kota Jambi. Kegiatan in ibertujuan untuk show off force Komunitas Trooper di Jambi sehingga sehingga warga Jambi mengetahui keberadaan KTI. Merupakan pengalaman pertama yang membanggakan bagi para Trooperist saat melakukan parade. Karena selama parade Trooperist dikawal oleh Patwal Polda Jambi yang biasanya pengawalan seperti ini hanya dilakukan untuk pejabat penting Negara.

Akhirnya pada pukul 13.00 WIB, smeua peserta telah berkumpul kembali di Markas Brimob Sungai Bertam, dengan suguhan tekwan dan es buah oleh keluarga pak Asep Sujarwadi. Para peserta kemudian berpamitan dan mengekspresikan ucapan terima kasih atas semua yang diperoleh selama acara berlangsung. Rombongan kemudian meninggalkan Sungai Bertam dengan ribuan kenangan manis. Walaupun hanya dalam waktu singkat, persaudaraan yang dalam telah terjalin.

Bravo KTI!!...Bravo Brimob!!...

Artikel oleh Andy Wijaya, KTI Sriwijaya, 09-2010
Foto oleh KTI Sriwijaya, 09-2010

No comments:

Post a Comment