Thursday, September 16, 2010

Diagram Instalasi Turbo Timer

Bagi pemilik Trooper yang telah melakukan modifikasi penambahan turbo maupun engine swapping ke mesin yang menggunakan turbo, perlu diperhatikan bahwa di dalam penggunaan turbo terdapat perlakuan khusus dimana saat mesin kendaraan akan dimatikan, perlu dipastikan bahwa selama putaran bilah turbin turbo masih berputar aliran oli untuk melumasi turbin tersebut harus tetap tersedia hingga turbin berhenti berputar. Untuk itu sesaat sebelum kita mematikan mesin, mesin kendaraan harus tetap dibiarkan dalam keadaan menyala agar aliran oli tetap mengalir di dalam turbo.


Praktek ini bisa digantikan dengan melakukan pemasangan Turbo Timer yang dapat menjaga mesin untuk tetap dalam kondisi menyala selama waktu tertentu,yang kemudian akan mematikan mesin dengan sendirinya secara otomatis walaupun kunci dicabut. Dengan memasang alat ini pengemudi dapat langsung meninggalkan kendaraan ketika parkir tanpa perlu menunggu hingga mesin kendaraan mati. 

Namun pemasangan alat ini memerlukan kejelian terutama di dalam instalasi kabel-kabel nya. Tidak jarang beberapa rekan mengalami masalah atau kesulitan karena pemasangan yang keliru saat menyambung  kabel-kabel tersebut. Berikut adalah diagram kelistrikan sebagai panduan dalam memasang Turbo Timer di kendaraan Trooper. Perlu diperhatikan juga bahwa diagram ini mungkin tidak berlaku pada beberapa jenis kendaraan karena perbedaan sistem kelistrikan.


Sumber artikel dan gambar: Pak Tony, Milis, 9-10


No comments:

Post a Comment