Thursday, April 15, 2010

Maksud Kode "LS" pada Chevrolet Trooper

Selama ini kita mungkin tidak pernah terpikir mengenai salah satu emblem di kendaraan Trooper kita yang posisinya berada di sisi kanan dan kiri, tepatnya emblem yang bertuliskan "LS". Kode ini sudah ada sejak Chevrolet Trooper dipasarkan di Indonesia namun pada versi tahun 1984-1987 masih berupa stiker dengan kode "LD", dan mulai pada versi Trooper 5 pintu, kode ini diganti dengan emblem 3 dimensi. Apa sebenarnya arti "LD/LS" ini?


Menurut diskusi yang dikutip dari milis Trooper Indonesia, kode ini adalah kode TRIM LEVEL atau kode submodel yang berkaitan dengan kelengkapan dan/atau aksesori mobil tersebut, seperti pada JEEP yang menggunakan kode Renegade, Sport, Laredo atau Limited. Atau misalnya pada Isuzu Panther dengan kode Sporty dan Hi-Grade [Irawan].


Untuk Trooper, kode trim level ini pun juga berbeda-beda di setiap negara, contohnya adalah Jepang yang menggunakan kode LD untuk level terendah, LT dan LS untuk level tertinggi. Inggris menggunakan kode mulai dari STD, DLX dan LS. Sedangkan untuk Amerika Serikat mereka menggunakan kode XS, DLX dan LS, serta versi RS untuk model short chasis. Dan untuk di Indonesia dikenal kode "LD" untuk Trooper versi 3 pintu, dan "LS" untuk Trooper 5 pintu. Yang membedakan antara trim level ini adalah pilihan kelengkapan standar dari masing-masing varian tersebut. [Andhika].

LS= Luxury Sport, LT=Luxury Touring, LD=Luxury Deluxe, STD=Standard, DLX=Deluxe.

Sumber artikel: Milis Trooper Indonesia, 04-2010

No comments:

Post a Comment