Wednesday, March 3, 2010

Mesin Sulit Start di saat Dingin/Panas

Sumber Tulisan: Sofiudin, Mailing List, 3 Maret 2010
Sumber File: David Hadi, Mailinglist, 3 Maret 2010

Mengenai masalah mesin yang sulit distart baik dalam kondisi dingin maupun panas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

QOS (quick on System) terdiri dari :

  1. Controler
  2. Dropping resistor (berguna untuk menurunkan voltage dari 12 V menjadi 5 atau 6 V {diantara itu}, ingat glow plug dgn mesin C223 menggunakan glow plug 5 atau 6V)
  3. Relay (ada 2 buah)
  4. Resistance
  5. Glow plug (ada 4 buah) - busi pemanas

Cara kerjanya :

Mesin dalam kondisi dingin :

  1. Kunci kontak on, arus listrik akan masuk ke controller melalui Relay 1 (lampu indicator pemanas menyala)
  2. Arus listrik diteruskan ke Dropping resistor
  3. Dari Dropping resistor diteruskan ke Glow Plug melalui resistance, sekian detik ( lupa tepatnya berapa detik), lampu indicator akan mati, ini pertanda glow plug dalam kondisi sudah panas
  4. Mesin siap di start.
Mesin dalam kondisi panas :
  1. Kunci kontak on, arus listrik akan masuk ke controller melalui Relay 2 (lampu indicator pemanas menyala, beberapa saat langsung mati)
  2. Ini pertanda Glow plug dalam kondisi sudah / masih panas
  3. Mesin siap di start.
Download file referensi: 1986 Isuzu Trooper - Fuel Injection System

1 comment:

  1. Kalau Lampunya Kedap Kedip...dan sering putus kenapa itu om, kalau jalan kedap kedip lampu kotanya, mohon solusi dong

    ReplyDelete