Friday, February 29, 2008

TIAOR II - Februari 2008




Trooper Indonesia Adventure Offroad (TIAOR) ke 2 yang diadakan pada tanggal 22-24 Februari 2008 kali ini diadakan di daerah Cikidang, Cibadak, dan Citarik, Jawa Barat serta diikuti oleh total peserta sebanyak 22 kendaraan baik Trooper maupun kendaraan lainnya. Lomba dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas 'Trooper' dan kelas 'Non-Trooper'. Acara kali ini diliput pula oleh beberapa media televise maupu cetak seperti Global Tivi, Trans 7, Otomotif, JIP, Mobil Motor, Otosports



Perjalanan menuju lokasi di hari-1 diwarnai dengan kontur tanah yang licin, berlumpur serta menanjak. Di beberapa lokasi peserta juga dipaksa menggunakan winch-nya dan bahkan ada peserta yang mengalami kerusakan hub dan gardan depannya, sehingga harus kembali ke Jakarta. Suatu kerjasama tim yang baik ditunjukkan oleh peserta yang mengalami kerusakan gardan tadi dengan meminjamkan hub-nya kepada peserta lain yang mengalami kerusakan hub. Sungguh suatu kerja sama tim yang luar biasa.

Area yang cukup sulit dilalui dengan diguyur hujan menyebabkan waktu tempuh peserta menjadi cukup lama, terlebih dengan adanya longsoran tanah serta tebing pada Trial Stage 1 (TS 1) membuat banyak peserta terpaksa melakukan ‘Backtrack’, dan mencari jalur baru menuju base camp di Citarik. Beberapa peserta yang mampu melewati longsoran pertama, kembali menemui longsoran tanah baru sehingga terpaksa berjuang mati-matian untuk bisa melewati jalur tersebut. 150 meter harus dilalui selama 6 jam! TS ini kembali memakan korban dimana kendaraan tersebut mengalami kerusakan kopling, winch dan aki, yang terpaksa terus ditarik hingga kembali ke rumah.

Hari-2 rombongan melanjutkan ke TS 2 berupa speed offroad melalui sedikit ‘handycap’ dan jalur air yang cukup panjang. Terjadi 2 kali kecelakaan, yang pertama adalah Land Rover yang menabrak tanggul sehingga terjerumus ke sawah, dan yang kedua adalah Jimny merah yang terguling akibat menaiki gundukan dengan kecepatan yang terlalu kencang. Beberapa TS selanjutnya dapat dilalui peserta dengan aman dan finish tanpa adanya kendala. Jam 10 malam seluruh peserta telah kembali ke base camp.


Event pada hari-3 adalah tantangan berupa winching. Beberapa peserta mampu melewati TS ini tetapi terdapat juga beberapa peserta yang gagal akibat mengalami kerusakan cross joint kopel dan bemper yang terlepas.



Hasil dari TIAOR II adalah sbb:

Kelas Trooper
Juara 1: Pak Herawan (KTI Jakarta)
Juara 2: Welly (KTI Jakarta)
Juara 3: Echa (KTI Jakarta)
Juara 4: Indra – Ervan (KTI Yogyakarta)
Juara 5: Ical (KTI Yogyakarta)

Kelas Non-Trooper
Juara 1: Joko Jangkrik
Juara 2: Emma – Yuri
Juara 3: Pak Eman – Erick

Penghargaan lain
Piala bergilir: Pak Herawan (KTI Jakarta)
Spirit Award: Ervan (KTI Yogyakarta)
Jungleman Award: Joko Jangkrik
Environment Award: Emma





- Yudhi -

No comments:

Post a Comment