Friday, October 26, 2012

KTI Bandung "GO GREEN", 20-21 Oktober 2012

Untuk Memperingati 1 tahun lahirnya kembali Komunitas Trooper Indonesia (KTI) Chapter Bandung, pada tanggal 20-21 Oktober 2012 yang lalu dengan bertempat di Kawasan Konservasi Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi, rekan-rekan KTI Bandung mengadakan sebuah acara bersama dengan mengangkat tema tentang linkungan. Adapun tema yang di usung pada kegiatan kali ini adalah "Go Green", yaitu semangat untuk kembali ke alam dengan melakukan Camping, Country Road, dan Program Wali Pohon. 

Kegiatan kali ini diikuti sekitar 25 Trooper anggota KTI dengan total 60 orang peserta. Peserta yang hadir tidak hanya dari Chapter Bandung Raya namun dihadiri juga oleh perwakilan dari KTI Riau, KTI Jaya, KTI Cirebon, dan KTI Batam. Kegiatan GoGreen ini di buka secara resmi Oleh Ketua KTI Nasional Bapak Sukartono dan Donny H. Kartadikaria selaku ketua Chapter KTI Bandung Raya.


Peserta kegiatan ini tidak hanya orang dewasa akan tetapi para anggota KTI ini mengajak anggota keluarganya mulai dari istri dan anak-anak, bahkan ada pula dua orang peserta yang membawa bayi yang baru berumur 5 bulan. Hal ini di lakukan sebagai pendidikan kepada anak-anak yang dimulai dari usia dini, untuk menumbuhkan rasa cinta dan peduli kepada alam yang belakangan ini mulai berkurang.

Kegiatan utama dari Go Green ini adalah dengan melakukan konservasi penanaman bibit pohon melalui program "Wali Pohon". Secara konsep hal ini sangat sederhana. Anggota KTI memberikan biaya asuh untuk setiap pohon dan kemudian uang asuh tersebut digunakan oleh pihak pengelola bersama masyarakat untuk menanam serta merawat bibit pohon baru selama 5 tahun. Setiap pohonnya akan diberi nama sesuai dengan masing-masing Wali Pohonnya.

Terkumpul 258 wali pohon dari anggota KTI seluruh Indonesia, dan setiap anggota yang menjadi wali pohon di berikan Sertifikat Wali Pohon-nya. Program Wali Pohon ini tidak berhenti sampai kegiatan pada pelaksanaan berakhir, akan tetapi masih berlanjut secara berkesinambungan dengan terus melakukan proses pengumpulan wali pohon dari para anggota KTI di seluruh Indonesia. Dan sebagai pemberdayaan kepada masyarakat, terkumpul juga 850 bibit pohon produksi hasil bantuan anggota KTI dan Sponsor untuk ditanam oleh masyarakat disekitar Kawasan Konservasi Kareumbi.


Pada kesempatan ini juga di lakukan prosesi penanaman pohon sebagai penghormatan terakhir kepada mendiang anggota KTI Riau, saudara Darling Yunior, yang meninggal dunia pada tanggal 19 Oktober 2012 yang lalu. Juga acara pemasangan stiker KTI secara resmi kepada trooper 3 anggota baru KTI Bandung Raya yaitu bapak Herry, Pak Dadang, dan Pa Yudi. Semoga kegiatan yang diselenggarakan oleh KTI Chapter Bandung Raya menjadi inspirasi bagi seluruh anggota KTI lainnya yang tersebar di seluruh belahan Indonesia.

Terimakasih kepada Ketua KTI Nasional Pak Tono, Mas Kusuma, Alex, Kang Mas Didik, Mas Budi Batam yang berkesempatan hadir, Pak Bambang Oetomo, Mas Ryco, Rekan-rekan KTI Bogor, Rekan-rekan KTI Surabaya, serta seluruh wali pohon yang telah menyumbang untuk menghijaukan bumi ini yang tidak bisa kami sebut satu persatu, serta para sponsor yang telah mendukung suksesnya acara KTI Bandung Raya GoGreen ini : Rumah Buana, ARTV Clothing, Mortar Banjar, Athalla, Korem Tarumanagara, Kehutanan Prov. Jabar, Perhutani KPH Sumedang, dan Manajemen Konservasi Kareumbi. Secara khusus, ucapan terimakasih bagi Mas Suharmen atas support dan usahanya untuk merekomendasikan kegiatan ini kepada Perhutani untuk mendapatkan bibit pohon bagi pemberdayaan masyarakat Kareumbi.

Beberapa foto kegiatan acara yang dapat dilihat di Facebook: Link 1, Link 2, Link 3

Sumber artikel dan foto oleh Ege, milis, 10-2012

2 comments:

  1. Go Greeen gooooooooooooo.....senang bisa jadi wali pohon,, pohonnnya bisa dilihat kah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa..pohon kita bisa dikontrol secra on line..ataupu offline (mengunjungi)..dilihat di ws nya http://kareumbi.wordpress.com/program/konservasi/

      ada cek sertifikat..

      salam,
      djauie

      Delete