Monday, May 14, 2012

Ganti Rotorhead - Alternatif Meningkatkan Performa C223

Salah satu faktor minus yang selama ini menghantui para pemilik Trooper bermesin diesel standar C223 dengan kapasitas 2300cc adalah performa yang berasa pas-pasan. Body Trooper yang berat dan ditambah dengan aksesori tambahan bergaya mobil offroad seperti ban besar, bullbar, roofrack dan winch, akan semakin membuat performa mesin ini bertambah berat dan mengurangi akselerasi saat dibawa berkendara di jalan tol apalagi saat menanjak di jalur perbukitan. Umumnya solusi yang paling mujarab untuk mengatasi kekurangan ini adalah dengan tehnik engine swapping menggunakan mesin berkapasitas yang lebih besar seperti 4JA, 4JB1-T atau 4JG2-T guna mendapatkan peningkatan performa yang jauh di atas mesin C223. Ada juga yang menambahkan turbo, supercharger, atau performance kit lainnya yang diharapkan mampu meningkatkan performa standar mesin C223 ini. Tapi ada alternatif lain yang ternyata bisa digunakan untuk meningkatkan performa mesin ini tanpa harus melakukan modifikasi yang signifikan, yaitu dengan penggantian Rotorhead injector mesin C223 ini menggunakan milik Isuzu Elf seperti yang telah dilakukan oleh Bob Obenk dan Alan Marton, anggota KTI Jaya baru-baru ini.



Menurut Alan, perbedaan yang sangat terasa adalah pada tingkat akselerasi yang terasa lebih baik dan juga mesin terasa memiliki 'nafas' yang lebih panjang. Dengan biaya yang cukup terjangkau yaitu sekitar 1,3 juta rupiah untuk biaya rotorhead ditambah biaya lainya sehingga total menjadi sekitar 2,5 juta rupiah, Trooper long sasis dengan aksesori lengkap milik Alan kini terasa lebih bertenaga. Modifikasi ini mungkin paling cocok untuk para pemilik Trooper yang mungkin tinggal di wilayah yang jarang terdapat suku cadang Isuzu khususnya bagi mesin-mesin seperti 4JB1-T dan 4JG2-T. Proses penggantian rotorhead ini dilakukan di salah satu bengkel injektor di daerah Jatinegara, Jakarta Timur (referensi: 021-8564133)


Selain biaya yang murah, keunggulan lainnya adalah dari sisi risiko-nya. Untuk alternatif penggunaan turbo, risiko yang ada adalah jika saat pemasangan tidak dilakukan dengan benar dapat menimbulkan masalah pada mesin atau justru mengakibatkan kerusakan pada turbo itu sendiri. Sedangkan untuk laternatif engine swapping ke 4JB1-T atau 4JG2-T, jika suatu saat terdapat kerusakan pada komponen mesin-mesin tersebut kemungkinan besar akan sulit untuk mendapatkan suku cadang pengganti. Lain halnya dengan mesin Isuzu C223 standar bawaan Trooper yang memang sudah terbukti sebagai mesin yang memilki daya tahan yang sangat baik dan tahan banting. Walaupun kapasitas mesin ini tergolong kecil, tetapi sudah terbukti memiliki umur hidup yang panjang dengan ketersediaan suku cadang yang melimpah. Apalagi C223 ini masih menggunakan timing gear sehingga terlepas dari masalah jika timing belt putus atau harus diganti, seperti pada mesin 4JB1-T dan 4JG2-T.

Berdasarkan testimonial dari Alan, modifikasi ini tidak memberikan pengaruh kepada konsumsi BBM kendaraan. Tidak lebih irit ataupun tidak lebih boros.

Sebagai perbandingan biaya modifikasi dengan alternatif lain:
- Ganti rotorhead Isuzu ELF - sekitar 2,5 juta
- Cangkok turbo/supercharger - sekitar 4,5 - 6 juta
- Ganti mesin 4JB1-T/4JG2-T - sekitar lebih dari 30 juta

Artikel oleh Yudhi
Nara sumber: Alan Marton, Milis, 05-2012

22 comments:

  1. Mantabb mas... Pengen coba.com

    ReplyDelete
  2. Konsumsi bbm-nya gimana gan, lebih boros nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut Testimoni ybs, nggak ada pengaruhnya bos...tidak lebih irit dan tidak lebih boros.

      Delete
    2. Tq 4 infonya Bro..... jadi pengen nih, moga2 bulan depan bisa :-)

      Delete
  3. mau nanya nih mas, kalau mesin 4jb1-T yang menggunakan timing belt dimodifikasi menjadi menggunakan timing gear kira-kira memungkinkan gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memungkinkan mas, pak tono Ketua KTI Nasional sdh lakukan kok

      Delete
  4. mau nanya kalau part mesin 4jg2t apakah ada ya? spt liner set paking set dll ,Tks info nya KTI wonogiri

    ReplyDelete
  5. Wawan, bagaimana jika dikombinasi ganti rotorhead juga pasang cangkok turbo sudah ada yang nyoba belum, mohon pencerahan salam

    ReplyDelete
  6. Gan, mau tanya harga cylinder head bekas dan barunya buat 4jg2 dan kalau bisa sekalian alamat bengkelnya..
    terima kasih

    ReplyDelete
  7. Bro mo nanya nie... as tarik roda gerdan depan ada dijual ngk.. punya ane ngk ada nie bro...terima kasih dari medan

    ReplyDelete
  8. Bengkel mana om yg bisa ganti rotorhead elf

    ReplyDelete
  9. Nanya infonya,rotor head elf tipe apa untuk nambah tenaga trooper,trus bengkelnya dimana ya

    ReplyDelete
  10. Nanya infonya,rotor head elf tipe apa untuk nambah tenaga trooper,trus bengkelnya dimana ya

    ReplyDelete
  11. Nanya infonya,rotor head elf tipe apa untuk nambah tenaga trooper,trus bengkelnya dimana ya

    ReplyDelete
  12. Nanya infonya,rotor head elf tipe apa untuk nambah tenaga trooper,trus bengkelnya dimana ya

    ReplyDelete
  13. Selamat malam bos ku, salam sejahtera bagi semua rekan2 disini, begini...sy baru beli Trooper hi roof 1994 bensin masih polos tanpa aksesoris, ban dunlop grandtrek 30 standar bukan khas offroad, interior standar dan bangku belakang dicopot, sedangkan rencana akan ditambahkan bulbar ARB depan belakang, Foot step, dan keranjang di atap, yg pasti nambah bobot dan boros dari biasanya. Kondisi saat ini saya test Riau Jambi rata2 1ltr:11, dalam kota blm detail sy ukur. Pertanyaannya adalah jika saya pasang penghemat bbm FEMAX (pemanas bbm+magnet) utk menuju karburator dan FREMAX yg bertugas menstabilkan tegangan apakah menimbulkan efek terhadap mesinnya ? Misal makin panas dan khawatir thdp silinder head dll

    Logika saya dgn alat penghemat bbm itu premium akan naik kelas selevel pertamax atau petralite ken dihangatkan jelang 60 derajat celcius sebelum masuk rumah karbu, sedangkan tegangan atau pengapian di up lebih stabil. Jika kondisi Trooper saya solar mungkin saya berani treatment hehehehehe..
    Mohon nasehatnya temen2ku semua, fyuhh...deg deg an nunggu komentar
    08117582839 miscall aja jika ngetiknya panjang, pasti sy hubungi
    Salam hormat, Cundomanik riau

    ReplyDelete
  14. Sy pakai trooper bensin 1994 kok boros ya 1 : 4km dan tenaganya nggak ada. Mohon info kira2 ada masalah dimana

    ReplyDelete
  15. Sama seperti yg saya alami.
    Mohon bila ada rekan yg tahu cara mengatasinya.

    ReplyDelete
  16. Salam kenal,
    saya tertarik sekali untuk mengganti part ini karena saya sering keluar kota, terkadang saya kesal sekali kalu mau nyalip atau melewati tanjakan seperti di toll Cipularang kurang bertenaga.

    saya mau nanya.
    Mobil saya Isuzu panther tahun 1996 awal, mesin 23cc / c223 kalau saya ganti ROTOR HEAD punya Elf kira - kira pengaruh pada mesing gak, (apakah mungkin mesin jadi rewel, atau jadi cepet rusak atau yanglainya).?

    kalau saya mau mengganti part seperti itu kira - kira bengkel mana di jakarta yang bisa mengerjakannya, apakah harus ada penanganan khusus atau mungkin ada yang perlu dirubah posisi dan dudukannya atau tinggal diganti saja seperti mengganti part aslinya tanpa harus merubah apapun..?

    Mohon Pencerahannya...??

    Terima kasih.

    ReplyDelete