Thursday, April 5, 2012

TIAOR Yogyakarta, 24-25 Februari 2012

Komunitas Trooper Indonesia (KTI) Chapter Yogyakarta bekerja sama dengan Pengurus Cabang IOF DIY baru-baru ini mengadakan Trooper Indonesia Adventure Off Road (TIAOR). Even resmi KTI yang merupakan agenda rutin tahunan ini, kali ini diadakan oleh KTI Chapter Yogyakarta pada tanggal 24 – 25 Februari 2012 yang lalu dan diikuti sebanyak kurang lebih 40 peserta yang merupakan perwakilan anggota KTI dari JABODETABEK, Kalimantan, Banjarnegara, Semarang, Surabaya, Blitar dan pecinta off road DIY dan terdiri 20 kendaraan Trooper dan 20 kendaraan non trooper. 


Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Pengurus Cabang IOF DIY, Bapak Inung dan Flag Off oleh Direktur Lalu Lintas Polda DIY. Seluruh peserta kemudian bergerak menuju kawasan Imogiri untuk memulai Country Road (CR) 1 dengan menyusuri kali Opak yang merupakan jalan yang kurang lebih 6 tahun tidak dilewati oleh kendaraan mobil. Jalan berlubang dan sempit dengan sisi jurang yang dalam cukup memberikan dorongan adrenalin bagi seluruh peserta. Disini salah satu kendaraan peserta yang juga ketua KTI Chapter Yokyakarta mengalami musibah jatuh ke jurang, namun beruntung kejadian ini tidak memakan korban jiwa ataupun cedera yang berarti.




TIAOR ini selain menyajikan suguhan jalur perjalanan yang menarik dan menantang, juga memberikan sentuhan sosial dalam format acaranya yang patut dicontoh manakala mengadakan acara-acara serupa. Sentuhan ini adalah dengan mengajak partisipasi masyarakat setempat untuk menyediakan sajian minuman kelapa muda pada POS 1, dimana panitia mewajibkan tiap peserta untuk membeli kelapa muda tersebut yang dijual oleh warga tersebut untuk membantu perekonomian warga di sekitar POS 1. Hal ini kemudian disambut baik oleh para peserta dengan membeli lebih dari yang diminta panitia.




Saat perjalanan dilanjutkan dari POS 1 ke POS 2, beberapa peserta mulai berguguran seiring dengan semakin beratnya lintasan dan rusaknya beberapa kendaraan milik peserta. Dari total 40 kendaraan hanya sekitar 75% peserta yang mampu melanjutkan perjalanan menuju POS 3. Perjalanan dari POS2 menuju POS 3 menyusuri jalan yang relatif aman dan disambut tanjakan batu licin di dekat lokasi TPA yang kemudian dilanjutkan dengan tanjakan “rockcrawling” yang memaksa beberapa peserta untuk mulai menggunakan winch. Beberapa peserta memilih untuk membuka flying camp di sini. Dan setelah melalui tanjakan “rockcrawling” peserta kemudian disambut dengan tantangan lainnya berupa tanjakan akar. Di tanjakan ini peserta diwajibkan kembali menggunakan winchnya dengan berbagai teknik untuk bisa mencapai puncak dan mencapai POS 3 yang merupakan akhir dari perjalanan.




Setelah mencapai POS 3, seluruh peserta berkumpul di tempat peristirahatan untuk menutup acara TIAOR serta pembagian hadiah. Dan pada TIAOR Yogyakarta kali ini Panitia menyiapkan beberapa hadiah menarik yang berhasil dibawa pulang oleh para Peserta yang cukup beruntung. Salut untuk rekan-rekan KTI Yogyakarta yang mampu menyuguhkan sajian kegiatan Adventure Off Road ala KTI.


Joko J-adventure (27) - Winch
Timbul Landee Pwj (10 - Plasma Rope
Dikdik KTI Jaya (04) - Liftjack
Agus JLCC (30) - Recovery kit
Inung Crab Adv. (18) - Strap
Bram KTI jogja (37) - Sepatu boot
Erwin SJI jogja (01) - Kipas angin
Agung KTI jogja (38 - Kipas angin
Heru kti jogja(40) - Kipas angin
Boy ban SLEBOR (19) - Rice cooker



Sumber Artikel: Abitani, Milis, 04-2012
Sumber Foto: FB, Milis, 04-2012

No comments:

Post a Comment