Thursday, February 2, 2012

KTI di Dunia Maya

Komunitas Trooper Indonesia yang berawal dari segelintir pecinta dan pemerhati kendaraan Trooper di Jakarta, kini telah berkembang menjadi sebuah organisasi komunitas berskala Nasional dengan anggota yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Indikator ini dapat dilihat dari banyaknya kegiatan rutin dan juga semakin dikenalnya KTI oleh berbagai lapisan masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri. Berikut adalah indikator yang dapat kita lihat di penghujung bulan Januari 2012 ini.

Mailing List TROOPER INDONESIA
Statistik Bulan Januari 2012
Milis Trooper Indonesia yang beralamat di trooper_indonesia@yahoogroups.com dan lahir pada tanggal 28 Mei 2001 ini telah mengalami banyak peningkatan lalu lintas email dari tahun ke tahun. Terutama di awal tahun 2012 ini, data statistik menunjukkan aktifnya korespondensi email yang mencapai lebih dari 10,000 email selama bulan Januari 2012.

Anggota Milis per Januari 2012
Statistik ini dicapai melalui hubungan komunikasi dari hanya sebagian anggota aktif Milis yang berjumlah sekitar 1,845 akun. Walaupun hanya sekitar 20-30% dari jumlah tersebut yang aktif melakukan korespondensi, namun mampu memberikan kontribusi yang sangat besar dalam perputaran informasi seputar Trooper dan informasi lainnya.


Blogpost TROOPER INDONESIA
Segala hal mengenai Komunitas Trooper Indonesia mulai dari sejarah, visi dan misi, perjalanan kegiatan mulai dari Kopdar, TIG, TIFOR, TICA, TIAOR dan juga berbagai artikel dan informasi seputar otomotif khususnya yang berhubungan dengan Trooper, adalah sesuatu yang sangat berharga untuk bisa terlupakan. Inilah yang melandasi hadirnya KTI di dunia maya selain melalui milinglist yang hanya dapat menghadirkan komunikasi terbatas rekan-rekan di Indonesia saja.

Blog Trooper Indonesia yang beralamat di http://blogspot.trooperindonesia.com pertama kali dirilis pada bulan Mei 2009 setelah terlebih dulu mengumpulkan semaksimal mungkin informasi-informasi dan juga gambar-gambar yang masih sempat terekam sejak aktifitasnya di tahun 2002 hingga awal 2009. Walaupun dengan segala kekurangan, Blogspot Trooper Indonesia secara bertahap berusaha mengumpulkan semua informasi mengenai kegiatan KTI hingga saat ini sehingga seluruh aktifitas Komunitas Trooper Indonesia kini dapat disaksikan oleh seluruh Dunia, tidak lagi hanya sebatas anggota Maing List.

Lokasi IP Address yang mengakses Blogspot Trooper Indonesia
Hingga saat ini, Blogspot Trooper Indonesia telah diakses oleh lebih dari 36,000 IP Address berbeda dari berbagai negara di dunia. Ini juga terlihat dari data statistik yang sejak  29 Jan 2010 - 12 Nov 2011, blogspot KTI diakses dari berbagai negara seperti pada tabel di bawah ini.


Website TROOPER INDONESIA
Selain Blogspot, Trooper Indonesia juga memiliki Website yang beralamat di www.trooperindonesia.com. Website yang juga memiliki halaman Forum ini hadir sejak akhir tahun 2010. Namun karena adanya beberapa kendala dalam hal maintenance konten, konten website ini masih belum dinamis seperti blogpost yang selalu update dengan kegiatan-kegiatan dan artikel KTI. Di website Trooper Indonesia yang hingga saat ini masih aktif adalah pada bagian Forum.

Karena begitu aktif-nya Komunitas Trooper Indonesia dan juga artikel-artikel seputar kegiatan dan aktifitas KTI di internet, maka jika anda mengetik kata "TROOPER" pada search engine Google.com, anda akan mendapakan bahwa alamat Blog Trooper Indonesia berada di antara 5 hasil pencarian teratas..

Artikel oleh Yudhi, 02-2012




No comments:

Post a Comment