Wednesday, September 14, 2011

TIFOR Jaya 2011 - Cijayanti, 10-11 Sep 2011


Di tahun 2011 ini tepatnya pada tanggal 10-11 September 2011 yang lalu, KTI Chapter Jaya kembali mengadakan acara rutin tahunan Chapter yaitu Trooper Indonesia Fun Off Road (TIFOR) untuk memberikan pelatihan Off Road kepada anggota KTI yang berada di bawah naungan KTI Jaya. Walaupun acara ini diadakan oleh KTI Chapter Jaya, namun peserta yang ikut ambil bagian dalam TIFOR kali ini juga ada yang datang dari chapter-chapter KTI lainnya seperti Chapter Riau, Cilegon, Semarang, Bogor, Banjarnegara dan juga Bandung. TIFOR kali ini sedikit berbeda dengan yang telah dilakukan pada acara-acara sebelumnya, karena terdiri dari 2 (dua) hari acara. Hari pertama merupakan sesi teori dalam kelas yang dilaksanakan di Griya Patria, Jakarta Selatan, sementara untuk hari kedua merupakan sesi praktek yang dilakukan di daerah Cijayanti, Sentul Selatan, Jawa Barat.



Materi TIFOR kali ini mengangkat tema 'WINCHING AND ADVANCE OFF ROAD' yang merupakan kelanjutan daripada materi Coaching Clinic yang pernah dilakukan oleh KTI Jaya di tahun 2010 yang lalu yang mengangkat tema 'Basic Off Road and Technique'. Pada sesi hari pertama diberikan pelatihan mengenai prinsip-prinsip Advance Safety Driving dan Off Road Techniqe dengan instruktur dan pembicara dari anggota KTI sendiri yang telah berpengalaman di dalam bidang off road serta mantan Ketua KTI Nasional, sdr. Widodo. Sesi selanjutnya mengenai winch dan tehnik melakukan winching yang awalnya akan dibawakan oleh Sdr. Irawan, berhubung sakit dan berhalangan maka dibawakan oleh Sdr. Fiddoh. Berhubung Fiddoh merupakan offroader senior KTI dan juga modifikator, maka sesi Winch ini pun kerap diselingi diskusi-diskusi mengenai modifikasi pada kendaraan Trooper. Setelah sesi utama dilaksakan, juga terdapat sesi tambahan yaitu sesi mengenai Global Positioning System (GPS) yang dibawakan langsung oleh Ketua KTI Nasional, Bpk. Tono, yang dilanjutkan dengan sesi penutup yaitu sesi mengenai Radio Komunikasi (Rakom) oleh Sdr. Awan. Acara yang dimulai pada pukul 10.00 pagi ini berakhir pada pukul 17.00 WIB dengan dihadiri oleh sekitar 20-an peserta.


Sesi di hari kedua merupakan sesi praktek lapangan. Para peserta berkesempatan untuk mempraktekan ilmu off road yang telah diberikan selama sesi dalam kelas menggunakan kendaraannya masing-masing. Tidak kurang dari sekitar 15 Trooper dan 7 kendaraan Non-Trooper ikut serta dalam Sesi hari kedua ini. Tehnik mengemudi melalui berbagai medan off road, tehnik recovery, tehnik winching, dan lainnya, dipraktekan dengan dipandu langsung oleh Sdr. Widodo dan Bob 'Obenk' sebagai koordinator lapangan. Pelaksanaan acara ini sangat interaktif, dimana peserta dapat bertanya jawab dengan instruktur dan juga rekan-rekan senior. Banyak masukan yang dapat dipelajari berdasarkan pengalaman yang nyata.


Dimulai sekitar pukul 9.00 pagi dengan instruktur sdr. Widodo yang membawakan materi praktek berupa perlengkapan offroad, perlengkapan wajib dan standar winching, teknik double-line, recovery menggunakan hi-lift jack, sekaligus juga penjelasan mengenai 3 varian kendaraan Trooper (LWB-gasoline, SWB dan LWB 3 pintu, serta Full time 4 WD). Setelah makan siang bersama dengan sajian nasi liwet khas Cijayanti yang disajikan di atas hamparan daun pisang, pukul 13.00 praktek lapangan dimulai dengan mempraktekan teori yang telah dibawakan pada pagi harinya, ditambah dengan praktek mengatasi beberapa kondisi jalur offroad yang cukup memberikan tantangan bagi para peserta. Pukul 14.00 siang acara bebas bagi para peserta yang ingin menjajal kemampuan kendaraannya, dan pada sesi ini salah satu Trooper milik Bob 'Obenk' mengalami patah as roda saat menjajal jalur ceruk 'v'.


Sumber artikel: Kusuma, Yunan, 09-2011
Sumber foto: Milis, Angga, 09-2011

No comments:

Post a Comment