Saturday, February 5, 2011

Perjalanan 5000 km oleh Ian, KTI Chapter Sriwijaya - Bagian 2

Lanjutan kisah sebelumnya.....

28 Desember 2010

Di kediaman Bung Karno
Selesai sarapan pagi, Trooper AKAP, sebutan Ian terhadap Trooper tunggangannya, bersiap-siap untuk memisahkan diri dengan rombongan. Setelah sebelumnya mampir kembali ke bengkel milik Anto karena ada masalah dengan dudukan shock breaker belakang, tepat jam 12.30 perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Gilimanuk dengan cuaca yang mendung dan sedikit gerimis. Jam 15.15 (WITA) tiba di pelabuhan Gilimanuk dan langsung naik ke kapal untuk menuju pelabuhan Ketapang. Tiba di Ketapang tepat pukul 15.15 (WIB) untuk langsung melanjutkan perjalanan melalui Pasuruan. Namun karena adanya kemacetan yang cukup parah maka rute perjalanan dilanjutkan melewati Banyuwangi dan Jember. Rencana awal yang ingin keluar di Probolinggo, Gempol terus ke Surabaya, karena ada masalah dengan GPS maka baru keluar di Pandaan, Malang. Saat itu pukul 23.30 dan langsung mencari tempat istirahat.

29 Desember 2010
Persaudaraan itu indah
Tepat pukul 10.00 perjalanan dilanjutkan kembali. Sempat melihat kepulan asap dari Gunung Bromo saat menuju kota Malang. KM sudah menunjukkan angka 2,800 km dan diputuskan untuk mengganti oli mesin. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Blitar untuk kopdar dengan salah satu rekan KTI di Blitar, mas Alvis. Tepat pukul 12.30 tiba di Blitar dan setelah makan siang dan janjian dengan mas Alvis yang saat itu kebetulan sedang berada di Surabaya, maka kopdar dilakukan dengan beberapa rekan KTI di Blitar, bahkan menyempatkan diri mengunjungi makam Bung Karno dan kopdar dengan mas David, salah satu rekan dari Trooper Nusantara. PERBEDAAN BUKAN HALANGAN UNTUK MENJALIN SILATURAHMI. Setelah kopdar perjalanan dilanjutkan kembali ke Solo. Tiba di Solo KM sudah mencapai 1000 km yang ke-3, dan tepat jam 20.15 saat memasuki kota Solo untuk kemudian beristirahat sambil mengunjungi sanak saudara.

30 Desember 2010
100 km ke-3
Setelah bermalam dan beristirahat, jam 10.30 perjalanan dilanjukan kembali dan tepat pukul 12.00 siang, mampir sejenak ke candi Prambanan. Setelah itu perjalanan dilanjutkan kembali ke Yogyakarta. Pukul 15.30 mulai memasuki kota Yogyakarta dan langsung menuju ke Malioboro untuk bertemu dengan rombongan utama yang telah sampai lebih dulu dari Denpasar. Sisa waktu yang ada dihabiskan untuk menikmati kota Yogyakarta dan Malioboro. 

31 Desember 2010
Candi Prambanan
Waktu telah menunjukkan pukul 08.30 pagi. Setelah mengisi bahan bakar dan mencuci AKAP, pagi ini digunakan untuk mengunjungi mas Ichal Oemarella, salah satu saudara KTI Yogyakarta di daerah Ring Road Utara. Selain itu kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk menyambangi salah satu bengkel yang sering digunakan untuk ajang bertemu rekan-rekan KTI Yogyakarta seperti mas Lutfi, mas Bino, dll. Juga sempat mengunjungi cak Ono dan mas Armada untuk sekedar kopdar ringan yang penuh kekaraban khas KTI. Setelah puas kopdar, selanjutnya digunakan untuk berjalan-jalan ke Magelang sembari mencari makan siang dan bertemu dengan keluarga KTI lainnya seperti mas Anom, Noah dan keluarga besar mas Erik. Perjalanan sempat tertunda karena ban belakang Trooper mas Erik yang mengalami bocor. Setelah diatasi, perjalanan menuju TIG X KTI di Dieng dilanjutkan bersama rombongan yang berjumlah 7 kendaraan Trooper.


Jam 19.00 rombongan tiba di Wonosobo dan berhenti untuk makan malam. Tepat jam 21.30 malam rombongan tiba di Dieng dan disambut dengan cuaca dingin yang cukup menusuk. Setelah menuju pendopo Soeharto tempat acara TIG X, rencana awal untuk bermalam menggunakan tenda diurungkan dan memilih untuk bermalam di Homestay bersama mas Ichal dan mas Bino. Malam ini dihabiskan bersama rekan-rekan KTI lainnya yang telah tiba di pendopo Soeharto. 

1 Januari 2011
Di sini kita bersaudara
Waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba, disaat berkumpul kebali dengan saudara-saudara KTI dari berbagai wilayah yang selama ini mungkin hanya dapat berkomunikasi melalui mailing list. Seakan hilang seluruh beban dan rasa lelah saat bertemu dengan saudara-saudara ini. Hari ini AKAP melanjutkan perjalanan CR. Tapi karena hanya ada 2 kendaraan, maka kami berangkat hanya ditemani dengan Landy Series 80 milik Uda Welly. Setelah puas berjalan-jalan di CR dan kembali ke base camp, kita melanjutkan acara ngobrol di warung sambil ditemani oleh mas Yunan, cak Onno dan pak Saiman serta Purwaceng...sajian minuman berkhasiat khas Dieng. 


Ian Abu and the Trooper AKAP

Acara malam ini adalah acara bersama seluruh peserta TIG di pendopo Soeharto. Acara ramah tamah yang ditemani dinginnya udara malam hari yang dipenuhi dengan rasa haru, tawa canda, yang melebur menjadi satu yang membuat waktu tidak terasa berjalan hingga mendekati pukul 24.00. Selesai acara ramah tamah yang terasa sangat singkat ini, kamipun istirahat.

2 Januari 2011
Bersama dengan keluarga KTI
Setelah bangun dan sarapan pagi dengan saudara-saudara KTI lainnya, acara selanjutnya adalah sesi foto-foto. Saat-saat terakhir untuk bersama-sama dengan saudara-saudara KTI di penghujung acara TIG X ini. Setelah berpamitan di ujung acara, perjalanan kembali disempatkan untuk mampir ke Banjarnegara bersama-sama dengan mas Tio dan Iwan Mortar. 

Bersambung............

Artikel oleh Ian-KTI Sriwijaya, Milis 1-2011

No comments:

Post a Comment