Sunday, June 20, 2010

Trooper Indonesia Coaching Clinic 2010


Tanggal 19-20 Juni 2010 yang lalu, Komunitas Trooper Indonesia kembali mengadakan acara yang bersifat pelatihan bagi para anggota-nya, yaitu Coaching Clinic yang mengangkat tema "BASIC OFF-ROAD TECHNIQUES". Kali ini KTI Jaya bertindak sebagai pihak penyelenggara acara dimana acara ini dihadiri lebih dari 50 orang, termasuk beberapa rekan KTI dari Yogyakarta, Banjarnegara dan Palembang. Acara ini terdiri dari 2 sesi utama, yaitu sesi 1 berupa pemberian teori di kelas dan sesi 2 berupa pelatihan di lapangan. Bertindak selaku instruktur adalah Bapak Syamsir Alam, salah satu offroader Nasional Indonesia yang juga menjabat sebagai pengurus di Indonesia Offroad Federation (IOF).


Persiapan acara ini telah dilakukan jauh-jauh hari oleh panitia acara yang terdiri dari Widodo sebagai Ketua Panitia, Abitani sebagai Bendahara, Ryco dan Ragung sebagai seksi perlengkapan, dan Yudhi sebagai koordinator pendaftaran. Sempat mengalami kesulitan dalam menemukan lokasi ruangan kelas yang ideal, akhirnya panitia berhasil mendapatkan tempat yang cukup baik dan dapat menampung perkiraan jumlah peserta yang ditargetkan sebanyak 50 orang yaitu di Ruang Pertemuan Cilandak Apartement & Sport Center, Jakarta Selatan. Sedangkan untuk sesi pelatihan lapangan, pilihan ditentukan di lokasi Bukit 4x4 Pondok Cabe, Tangerang. Alasan dipilihnya area Pondok Cabe karena lokasi yang tidak terlalu jauh dari Jakarta serta terdapat banyak variasi medan yang sesuai dengan materi pelatihan yang akan diberikan.


Hari ke-1: 19 Juni 2010
Pelatihan hari ke-1 dimulai pada pukul 9.00 tepat dan dibuka oleh Sdr. Kusumawardhana selaku Ketua Umum KTI. Materi yang diberikan oleh Pak Syamsir di sesi pertama ini meliputi persiapan kendaraan off road, tehnik safety driving dan tehnik mengemudi off road. Pak Syamsir yang memiliki jam terbang Nasional maupun Internasional yang panjang, telah berbagi ilmu dengan kita tidak hanya sebatas dari apa yang terdapat di materi pelatihan, tetapi juga berdasarkan pengalaman-pengalama beliau di lapangan selama masih menjadi off roader. Bagaimana teknik yang baik saat mengemudi di medan offroad di tengah hutan, di pasir, mengatasi handycap-handycap, teknik memodifikasi/mempersiapkan kendaraan, serta sharing mengenai GPS yang selama ini telah menjadi andalan beliau dalam berkendara khususnya saat offroad. Dan yang paling mengesankan adalah sharing beliau mengenai bagaimana mengatasi kendala di lapangan tanpa mengorbankan kendaraan kita. Sungguh suatu pelajaran yang sangat berharga dan sangat bermanfaat bagi peserta yang rata-rata masih awam dan merupakan pemula di bidang off road. Sesi ini diselesaikan tepat pada pukul 16.00 sore dan ditutup dengan acara foto bersama.


Hari ke-2: 20 Juni 2010
Sebagai kelanjutan dari materi teori yang disampaikan pada hari sebelumnya, sesi kedua yang dilakukan di Bukit 4x4 Pondok Cabe ini merupakan sesi praktek untuk menunjukkan kepada para peserta bagaimana teknik dan dasar-dasar melakukan recovery maupun mengarahkan kendaraan selama off road. Teknik winching baik untuk pegemudi maupun bagi navigator, termasuk teknik memandu arah kendaraan yang diberikan oleh navigator kepada pengemudi, ditunjukkan dan diperagakan langsung oleh pak Syamsir Alam kepada seluruh peserta. Teknik memundurkan kendaraan saat mengalami mogok di tanjakan curam serta cara menggunakan 'high lift jack', termasuk yang diperagakan langsung oleh beliau.

Sesi ke-2 ini sempat mengalami kendala di awal acara yang disebabkan oleh hembusan angin yang sangat kuat yang menyebabkan terangkatnya terpal tenda hingga melepas sambungan-sambungan rangka yang ada. Berhubung kondisi tersebut dapat membahayakan para peserta, maka secara spontan para peserta bersama-sama mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan winch dan strap untuk menahan rangka tenda agar tidak terangkat akibat angin yang kencang tersebut.

Acara pelatihan yang disampaikan pak Syamsir di sesi ke-2 ini berakhir saat makan siang dan acara selanjutnya adalah praktik offroad yang dipimpin oleh saudara Alex Supri sebagai leader dan dikoordinir oleh sdr. Widodo. Bagi peserta yang baru pertama kali mengikuti event off road di Pondok Cabe, acara ini benar-benar suatu pengalaman yang sangat berkesan. Apalagi area Pondok Cabe ini juga menyediakan variasi yang cukup banyak mulai dari alur air, turunan, tanjakan, kubangan lumpur, dsb. sehingga peserta bisa merasakan dan menjajal ilmu yang telah diberikan saat pelatihan teori.


Dalam Coaching Clinic ini, para peserta akan mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan oleh KTI yang akan ditandatangani oleh IOF, dalam hal ini pak Djoko Pramono selaku President IOF. Maka dari itu, seluruh peserta Trooper Indonesia Coaching Clinic 2001 secara resmi telah tersertifikasi dalam hal Basic Offroad & Technique. Selamat bagi rekan-rekan yang telah sukses menjalani pelatihan ini....dan tidak lupa selamat kepada Suharmen dan Mawan yang berhasil mendapatkan voucer menginap di salah satu hotel di Bali dari pihak sponsor, karena berhasil menjawab quiz yang diberikan oleh Bpk. Syamsir.


Bravo KTI!!!


Panitia Trooper Indonesia Coaching Clinic 2010:
Aluisius Widodo (Ketua)
Abitani Taim (Bendahara)
Trisna Yudhianto (Sie Pendaftaran)
Ryco Arnaldo (Sie Perlengkapan)
Ridwan Agung (Sie Perlengkapan)

Artikel oleh Yudhi
Gambar dan Foto oleh Ryco, Yudhi, Ditto

No comments:

Post a Comment