Tuesday, March 30, 2010

Ball Joint Flip - Mengatasi Ground Clearance Roda Depan

Bagi pemilik Chevrolet Trooper yang ingin menambah ground clearance agar bisa menggunakan ukuran ban yang lebih besar (contohnya 31 x 10.5 atau yang lebih besar), ground clearance standar bawaan pabrik terkadang menjadi kendala. Salah satu cara yang paling mudah dan tanpa penambahan apapun adalah dengan  memutar torsi suspensi roda depan untuk mendapatkan ketinggian yang cukup agar ban tidak mentok ke spatbor, serta mem-press per belakang untuk mengimbangi penambahan tinggi di roda depan. 

Namun berdasarkan pengalaman, kedua cara tersebut dianggap kurang tepat. Untuk metode pemutaran torsi roda depan karena selain akan mengorbankan kenyamanan sistem suspensi akibat berkurangnya ruang gerak torsi, tetapi juga secara teknis akan membuat sudut as roda akan memiliki kemiringan yang tajam (chamber), yang dapat mengurangi usia as roda dan free hub. Per belakang yang dipress juga aka mempengaruhi kekuatan per itu sendiri, serta akan mengurangi kenyamanan atau tingkat keempukannya.


Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ground clearance khususnya untuk roda depan adalah dengan metode Ball Joint Flip. Ball joint flip merupakan metode yang hingga saat ini dianggap paling sesuai, ekonomis dan tepat, dan telah diaplikasikan oleh banyak rekan-rekan yang bergabung di Komunitas Trooper Indonesia, khususnya bagi mereka yang sering melakukan off-road ringan. Selain tidak mengorbankan sistem suspensi standar Trooper, metode ini juga dianggap aman dan tidak mengorbankan kekuatan dari sistem standar Trooper. Berikut adalah cara melakukan ball joint flip. 

Buka terlebih dahulu ban depan, dongkrak bagian depan mobil dan tumpu chasis Trooper menggunakan jack stand. Buka safety pin yang terdapat pada ke-4 baut ball joint. (ada di sebelah bawah)


Berikutnya adalah melepas bagian bawah ball joint dari spindle roda yang terpasang sangat kuat. Untuk melepasnya anda membutuhkan palu untuk membantu melonggarkannya. Pukul-pukulkan palu ke bagian spindle.


Ball joint akan terlepas dengan mudah jika sudah cukup longgar, seperti pada gambar di bawah.


Langkah berikutnya adalah melepas ke-4 baut yang mengikat ball joint ke lengan suspensi. Kemudian lepas dan angkat ball joint dari lubang dudukannya seperti pada gambar no. 5 di bawah.



Setelah ball joint sudah terlepas dari dudukan asal, selanjutnya adalah menempatkan kembali ball joint ke posisi semula namun kali ini melalui bagian bawah dari lubang dudukan, bukan melalui atas. Posisi inilah yang akan memberikan tambahan ground clearance pada suspensi bagian depan Trooper. Gunakan dongkrak untuk mengangkat lengan suspensi bagian bawah untuk memudahkan penempatan kembali ball joint ke lubang dudukan lengan suspensi atas.

Jika membutuhkan clearance yang lebih banyak, spacer dapat ditambahkan pada tahap ini dan ditempatkan diantara ball joint dengan dudukan. Namun untuk mengakomodasi ketebalan spacer ini maka baut asli perlu diganti dengan baut yang lebih panjang. 


Pasang kembali seluruh baut ball joint pada tempatnya dan kencangkan. Pastikan ke-4 baut terpasang dengan baik dengan erat, serta posisi lubang pada telinga ball joint berada pada posisi yang sejajar dengan lubang dudukan pada lengan suspensi. Panduan kekuatan torsi baut dapat digunakan sebagai referensi dan dapat dilihat pada buku manual Trooper. 


Jika ke-4 baut telah terpasang dengan baik, maka kini kita telah mendapatkan tambahan ketinggian (clearance) untuk bagian suspensi depan tanpa tambahan modifikasi apapun yang dapat mengakomodir ban dengan ukuran 31 x 10.5. Lakukan spooring setelah semua bagian terpasang kembali.


Metode Ball Joint Flip ini dapat diaplikasikan untuk Trooper dengan sistem suspensi depan double wishbone  yang dual arm (Trooper tahun 1988 ke atas), maupun pada sistem single arm (Trooper tahun 1987 ke bawah). Konsekuensi dari metode ini akan membuat peredam kejut atau shock breaker akan lebih panjang tertarik dalam keadaan normal. Untuk itu disarankan untuk menggunakan shock breaker yang lebih panjang dan lebih keras agar dapat memberikan kestabilan saat manuver.

Apabila penambahan ground clearance menggunakan metode ini dirasakan kurang, metode berikutnya yang dapat dicoba dan dikombinasikan adalah dengan menggunakan body lift yang dapat memberikan penambahan tinggi hingga 2-3 inci.

Referensi Gambar: Tad Grosvenor, 05-2002, Planet Isuzoo.Com
Referensi Artikel: Planet Isuzoo.Com, Milis 02-2006, Milis 07-2009 (Unduh postingan di sini)

No comments:

Post a Comment