Tuesday, February 9, 2010

Sejarah Trooper

Mungkin tidak semua penggemar atau pecinta Trooper mengetahui bahwa Isuzu Trooper, atau di Indonesia lebih dikenal dengan Chevrolet Trooper, adlah Mid size Sport Utility Vehicle (SUV) buatan Jepang pertama yang diekspor ke seluruh dunia sejak diproduksi antara tahun 1981 - 2003, dan dengan menyandang beberapa nama seperti: ISUZU Trooper, ISUZU Bighorn, HONDA Horizon, Acura SLX, sementara di Indonesia dan beberapa negara Amerika lainnya diberi label CHEVROLET Trooper, di Australia disebut HOLDEN Jackaroo, di Inggris disebut Vauxhall dan di Jerman disebut OPEL Monterey. Sambutan masyarakan untuk SUV ini sungguh luar biasa terutama untuk segmen Mid Size SUV.

Ada 2 generasi Trooper yang beredar di dunia, yaitu generasi pertama yang diproduksi antara tahun 1981 - 1991, serta generasi kedua yang diproduksi antara tahun 1992 - 2002. Setelah tahun 2002 Isuzu menghentikan produksinya untuk basis model ini. Pada awalnya SUV ini dimulai dengan produk yang masih sangat primitif yang hanya dengan mesin  Diesel 4 silinder standar dan dengan mengandalkan transmisi manual 4 percepatan dan sistem berpenggerak 4 roda (4WD) Part Time. Karena reaksi pasar yang sangat bagus, generasi pertama ini kemudian dikembangkan menjadi lebih mewah dan menawarkan lebih banyak fitur menarik lainnya seperti mesin V6 dengan kapasitas yang lebih besar, serta dengan model yang lebih bagus dan halus dengan pilihan penggerak roda belakang (2WD) dengan as roda yang lebih panjang.

GENERASI PERTAMA TROOPER (1981 - 1991)


  • Generasi pertama diluncurkan dengan pilihan 3 atau 5 pintu dengan suspensi belakang solid axle serta sistem suspensi depan yang independent. Mesin pada awal produksi menggunakan mesin diesel 2.0L dan 2.2L yang belakangan diketahui sangat kurang bertenaga untuk bobot kendaraan kosong yang cukup berat, sekitar 3,700 lbs atau 1.7 ton. Penggerak empat roda (4WD) dapat diaktifkan dengan menggeser posisi tuas penggerak roda depan ke posisi aktif atau non-aktif bersamaan dengan pengaktifan tuas transmisi percepatan reguler-nya.


  • 1986. Isuzu memperkenalkan varian dengan mesin 2.3L yang mampu menghasilkan 112 dk atau sama dengan 102 kW.


  • 1987. isuzu memperkenalkan mesin 4ZE1 Fuel Injection dengan kapasitas 2.6L bensin 4 silinder segaris dengan pilihan transmisi manual serta transfer case dengan low range gear ratio 2.28 : 1, atau transmisi otomatis dengan ratio transfer case 2.66 : 1. lampu utama berbentuk bulat diganti dengan lampu berbentuk persegi empat.


  • Sebagai SUV pendatang di Amerika pada saat itu dan untuk mencapai market share yang lebih baik, selama masa promosi ISUZU Amerika menghadirkan Trooper II. Dan dalam usahanya meraih pangsa pasar yang lebih baik lagi dan untuk menyesuaikan harga jual, ISUZ menambahkan jok belakang pada Trooper.


  • Selanjutnya generai pertama Trooper ini memiliki pilihan transmisi 4 percepatan otomatis, sedangkan untuk mesin V6 diadopsi dari produksi General Motors (mesin 2.8L pushrod V6) dan dikombinasikan dengan differential gear 4.77 : 1.


  • 1989. Versi short wheelbase dirilis di Amerika Serikat dengan mengusung mesin 2.6L Fuel Injection 4 silinder dengan differential gear 4.77 : 1 yang ditawarkan dengan pilihan transmisi otomatis dan manual.
Model Short Chasis


  • Pada tahun 1989 ini generasi pertama ISUZU Trooper dimulai di Amerika Tengah dengan versi yang lebih kecil dan diproduksi dengan atap yang dapat dibuka tutup (rag top), dan dengan ground clearance yang lebih tinggi. ISUZU yang paling populer adalah versi 2.8L Turbo Diesel.


  • Model tahun 1988 - 1991 memiliki rasio standar untuk differential gear 4.555 : 1 yang dilengkapi dengan 10-bolt 17-spline front IFS differential, serta ISUZU 12-bolt live rear axle dengan 4-wheel disc brakes. Dan untuk versi ini, tersedia juga 2 pilihan locker, Manual Free Locker buatan AISIN serta Auto Hub Locking buatan ISUZU sendiri, serta opsi Limited Slip Differential (LSD) clutch dengan kode 'G80'.

Model Long Chasis

    Varian High Roof yang beredar di Indonesia


  • Versi luar negeri yang tidak dirilis di Amerika Serikat pada waktu itu termasuk ISUZU dengan mesin 4JB1 dan 4JB1-T Diesel 2.8L 4 silinder inline (kode 'T' menunjukkan bahwa mesin telah dilengkapi dengan Turbo Charger)


  • Pada tahuin 1988 - 1991, Trooper dengan mesin 2.6L (4ZE-1) dengan Transmisi Otomatis telah dipasangi Manual Locking Hubs.
GENERASI KEDUA TROOPER (1992 - 2003)



  • 1991. ISUZU mendesain ulang bentuk body Trooper dan mulai diperkenalkan di Jepang dengan ukuran yang lebih besar dari generasi pertama dengan berat 4,510 lbs. Generasi kedua ini menggunakan mesin berkapasitas 3.2L Single Overhad Cam (SOHC) berkekuatan 172 dk, serta tipe Dual Overhead Cam (DOHC) berkekuatan 190 dk.


  • 1992. Australia merilis versi Trooper yang dikenal dengan nama HOLDEN Jackaroo. Dilengkapi dengan 'pushrod overhead valve' (OHV) 3.1L Intercooled Turbo Diesel (4JG2-T) berkekuatan 203 dk pada 3,600 RPM dan torsi 260 Nm (212 lbs.ft) pada 2000 RPM. Selain versi diesel, juga terdapat opsi lainnya dengan mesin bensin berkapasitas 3.2L. Mesin diesel yang dipakai di Jackaroo hanya menyediakan percepatan 5 speed manual dengan Manual Free Lock Hub AISIN. Mesin yang sama juga tersedia di Inggris dan negara lainnya dengan menggunakan belt-driven OHC, yang dikembangkan untuk mendapatkan tenaga mesin yang lebih baik lagi.


  • 1994 - 1999. Di rentang waktu ini, ISUZU dan HONDA mempunyai perjanjian joint venture dan bekerja sama untuk saling mengisi area produksi. HONDA juga menjual Trooper di Jepang dengan nama HONDA Horizon dan di Amerika Serikat dari 1996 - 1999 yang dijual dengan nama Accura SLX.


Versi 1995


  • 1996. Pada tahun ini dirilis model SE Limited dengan mesin 3.2L SOHC berkekuatan 190 HP, menggantikan mesin versi sebelumnya yang dirilis pada tahun 1991. Dan untuk model yang dikeluarkan pada tahun ini dan setelahnya, seluruhnya telah menggunakan On The Fly Shift Engagement. Hampir seluruh model kecuali model tahun 1996 dan sesudahnya masih menggunakan Part Time 4WD drive system yang mengharuskan pengendara untuk berhenti terlebih dahulu sebelum atau setelah mengaktifkan axle pada roda depan.

Versi 1996


Versi 1997



  • 1998. Trooper di Amerika Serikat telah dilengkapi dengan mesin DOHC 3.5L berkekuatan 215 dk. Sedangkan untuk versi Eropa dan Asia terdapat pilihan dengan mesin diesel berkapasaitas 4.0L serta 3.1L (4JG2). (Berikutnya mesin 4JG2 ini digantikan dengan mesin yang lebih problematik yaitu 4JX1 3.0L).

Versi 1998



Versi 1999



  • 2000. Borg-Warner Torque on Demand system yang diperkenalkan pada tahun ini mampu menyediakan setting 'All Wheel Drive'.

Versi 2001



  • 2002. Pada tahun ini, ISUZU mendesain mesin 3.5L yang tersedia untuk truk karena adanya komplain mengenai oli yang terbakar dan berkuran sehingga menyebabkan kekhawatiran akan rusaknya mesin. Oli bocor melalui ring piston pada saat mesin bekerja normal serta berkurangnya oli hingga 2 kaleng ketika mencapai interval pengoperasian 5000 mil atau 8000 km, menyebabkan adanya perbaikan untuk model tahun 2002.
Versi 2002


  • Transmisi untuk model ini telah dipersenjatai dengan transmisi 5 percepatan manual serta Electronically Controlled Four Speed Automatic. Versi otomatis baru akan bertenaga ketika shift points bekerja pada RPM yang elbih untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar apda kemampuan mesin. Jenis transmisi pintar ini juga mempunyai 'winter' mode yang membuat transmisi melakukan 'start off' pada gear yang ke-tiga untuk menambah stabilitas pada kondisi jalan yang licin untuk menghindari slip dan tergelincirnya roda. Transmisi 4 percepatan otomatis ini disebut sebagai 4L30E dan dibuat oleh General Motor Powertrain di Strasbourg, Perancis. Trooper 2000 dan 2002 termasuk Trooper yang diberi nama 'Grade Logic' yang membuat transmisi secara otomatis akan menurunkan gearnya pada daerah yang curam untuk menurunkan kecepatan kendaraan.


  • Suspensi sudah mengandalkan 'Fully Independent Front Suspension' dan juga telah menggunakan 'Multi Link Rear Suspension' untuk melayani axle pada roda belakang.


  • Di Eropa dan Inggris ditawarkan versi 7 tempat duduk dengan 3 pintu, namun di Amerika Serikat sendiri Trooper hanya menawarkan model versi 5 pintu dengan 5 tempat duduk. Tempat duduk untuk 7 penumpang juga ditawarkan oleh versi Vauxhall dan Monterey.


  • Opsi yang terdapat pada model ini adalah penambahan 'Limited Slip Differential' (LSD) serta 'skid plates' pelindung tangki bahan bakar, transfer case dan juga Automatic Locking Front Hub sebagai perlengkapan standar (hingga Shift On the Fly diperkenalkan). Point Hub Flanges baru dipergunakan pada tipe ini.


  • Pada tahun 2003 Trooper tidak lagi diproduksi.
 - Yudhi -
Sumber:

1 comment:

  1. Saya ingin bergabun di group ini bagaimana cara nya trims

    ReplyDelete