Thursday, June 20, 2013

Varian Switch Lampu Trooper

Seperti yang kita ketahui bahwa switch lampu pada Trooper memiliki sistem yang unik dan berbeda dengan kendaraan Jepang lainnya. Modelnya ditarik dan posisinya berada di sisi kanan dashboard. Sebagai  informasi tambahan bahwa di beberapa negara terdapat varian lain dari switch lampu ini. 


Untuk switch model tarik, ada yang model-nya dapat diputar ke arah kanan-kiri yang berfungsi untuk menyalakan lampu parkir. Lampu parkir ini di beberapa negara merupakan sebuah keharusan, dimana kendaraan wajib menyalakan lampu kecil di sisi luar saat parkir di sisi jalan, untuk menghindari risiko tertabrak oleh kendaraan lainnya. 


Masih di switch model tarik, terdapat juga model yang bisa diputar kanan-kiri untuk mengatur terang-redupnya lampu dashboard (dimmer). Umumnya switch model ini digunakan pada Trooper untuk pasar di Amerika Utara. Sementara untuk pasar Eropa memiliki model switch yang berbeda. Switch yang dipergunakan adalah dengan sistem putar seperti switch AC. Tidak jelas kenapa switch lampu ini dibuat dengan model yang berbeda-beda, mungkin dimaksudkan untuk menyesuaikan kebiasaan penggunanya saja.

  
Masih terkait dengan lampu depan, sebagai opsional di beberapa negara Eropa terdapat switch yang berfungsi untuk mengubah ketinggian arah sorotan lampu depan dengan 3 setelan posisi yang bisa dipilih. Gunanya adalah sebagai pengatur apabila kendaraan sering digunakan untuk menarik beban berat (trailer) yang akan menyebabkan posisi depan kendaraan lebih mendongak, seiring dengan beban yang ditarik.

Kontribusi oleh Andhika, Milis, 06-13

1 comment:

  1. misi..saya Zaky dr Semarang,baruuu aja punya trooper 1988..mohon info,kalo tuas wiper trooper 1988 tu dimana ya?semalem keujanan,tp ga tau nyalain wipernya dimana.hehehe
    terimakasih

    ReplyDelete